Literasi Statistik Mahasiswa Pendidikan Matematika ditinjau dari Resiliensi Matematik

Anik Pujiati, Diah Oga Nusantari, Fatwa Patimah Nursa'adah

Sari


Literasi statistik merupakan kemampuan yang penting untuk dikuasai oleh semua peserta didik terkhusus mahasiswa pendidikan matematika karena akan menjadi calon guru. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kemampuan literasi statistika mahasiswa jika ditinjau dari model pembelajaran. Sampel terdiri dari dua kelas yang berbeda pendekatan model pembelajaran, kelas pertama dengan proyek penelitian dan kelas kedua dengan penugasan membuat konten di youtube. Hasil penelitian menunjukkan terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan resiliensi matematik. Hasil signifikan untuk pengaruh resiliensi matematis dengan literasi statistika namun tidak signifikan dengan variabel model pembelajaran. Mahasiswa dengan resiliensi matematis tinggi memiliki kemampuan literasi statistik yang tinggi pada pendekatan penugasan mini riset, sedangkan mahasiswa dengan resiliensi matematis rendah unggul pada penugasan konten  youtube.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andriatna, R., Kurniawati, I., Wulandari, A. N., Studi, P., Matematika, P., & Maret, U. S. (n.d.). Profil kemampuan literasi statistik mahasiswa calon guru matematika 1,2,3), 19–28.

Habibie, Z. R., & Hidayat, P. W. (2022). Analisis Peningkatan Literasi Statistik Mahasiswa pada Mata Kuliah Statistika Pendidikan berbasis The Statistical Process. Jurnal Muara Pendidikan, 7(1), 156–164. https://doi.org/10.52060/mp.v7i1.788

Harahap, A. C. P., Harahap, S. R., & Harahap, D. P. S. (2020). Gambaran Resiliensi Akademik Mahasiswa pada Masa Pandemi Covid-19. Al-Irsyad, 10(2). https://doi.org/10.30829/al-irsyad.v10i2.8541

Maharani, S., & Bernard, M. (2018). Analisis Hubungan Resiliensi Matematik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 819. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p819-826

Mujib, A. (2017). 9 macam literasi yang diperlukan dalam menghadapi era digitalisasi. Diunduh dari http://www. wikipendidikan.com/2017/01/jenis- macam-literasi.html.

Nikiforidoua, Z., Lekka, A., & Pange, J. (2010). Statistical literacy at university level : the current trends, 9, 795–799. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.236

Report, W. (n.d.). Building Global Interest in Data Literacy : A Dialogue Workshop Report.

Sharma, S. (2017). Defi nitions and models of statistical literacy: A literature review. Open Review of Educational Research, 4(1), 118-133. Diunduh dari https://doi.org/10.1080/23265507. 2017.1354313.

Surono, & Ifendi, M. (2021). Thawalib | Jurnal Kependidikan Islam. Thawalib | Jurnal Kependidikan Islam, 2(2), 103–130.

Syafira, S., Ghifari, A., Juandi, D., & Usdiyana, D. (2022). Systematic Literature Review : Pengaruh Resiliensi Matematis Terhadap Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi, 06(02), 2025–2039.

Takaria, J., & Talakua, M. (2018). Kemampuan Literasi Statistik Mahasiswa Calon Guru Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika. Jurnal Kependidikan, Volume 2, Nomor 2, Halaman 395-408

Tiro, M. A., Statistika, P. S., & Makassar, U. N. (2018). Strategi Aksi Gerakan Nasional Literasi Statistika di Indonesia, 2018, 1–21.

Zanthy, L. S. (2018). Kontribusi Resiliensi Matematis Terhadap Kemampuan Akademik Mahasiswa Pada Mata Kuliah Statistika Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 85–94. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.344


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.