Matematika dalam Menghadapi Tantangan Abad Ke-21

Farah Indrawati

Sari


Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara matematika dalam menghadapi tantangan abad ke-21. Data Penelitian deskriptif kualitatif studi kasus ini diambil dari berbagai jurnal, serta dokumen terkait matematika, dan tantangan abad ke-21 di Indonesia. Hasil dari penelitian adalah matematika perlu melakukan pembaharuan pembelajaran dalam menghadapi tantangan abad ke-21, baik dalam mempersiapkan pendidik, meningkatkan mutu pembelajaran dan relevansi, maupun memfasilitasi pendidik dengan teknologi dan ilmu pengetahuan. Hasil tersebut menyimpulkan bahwa matematika perlu melakukan pembaharuan terhadap pembelajaran, terutama pembaharuan yang dapat memberikan kontribusi signifikan dalam menghadapi tantangan abad ke-21.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Admin. (2019, Oktober 11). Daya Saing RI Merosot, Sri Mulyani : Pendidikan Perlu di Tingkatkan. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Jawa Tengah. https://web.dpmptsp.jatengprov.go.id/p/267/daya_saing_ri_merosot,_sri_mulyani:_pendidikan_perlu_ditingkatkan

Admin Pintek 2. (2020, November 9). Kuasai 16 Keterampilan Abad 21 untuk Survive di Industri 4.0. Pintek. https://pintek.id/blog/keterampilan-abad-21/

Admin LinovHR. (2023, Februari 21). Pengertian Kompetensi, Jenis, dan Cara meningkatkannya. LinovHR. https://www.linovhr.com/kompetensi/

Afnisa, S. (2022, Maret 9). Mutu Pendidikan di Indonesia. Kabar Pendidikan. https://www.kabarpendidikan.id/2022/03/mutu-pendidikan-di-indonesia.html

Aulia Rosyada, S. (2022, Desember 9). Literasi Tingkatkan Daya Pikir Peserta Didik Abad 21. Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I Provinsi Jawa-Tengah. https://cabdindikwil1.com/blog/literasi-tingkatkan-daya-pikir-peserta-didik-abad-21/

Bram, D. (2021, September 8). Keterampilan Matematika Abad 21. Opini. Jawa Pos-Radar Solo. https://radarsolo.jawapos.com/opini/08/09/2021/keterampilan-matematika-abad-21/

Ifani Putri, W. (2023, Mei 17). Data : Pekerja di Indonesia Mayoritas Lulusan SD. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/news/20230517184903-4-438295/data-pekerja-di-indonesia-mayoritas-lulusan-sd

Fuji Astuti, N. 2022. Jenis-Jenis Penelitian Kualitatif dan Tujuannya, Kenali Perbedaannya. Merdeka.com. https://www.merdeka.com/jabar/jenis-jenis-penelitian-kualitatif-yang-penting-diketahui-berikut-penjelasannya-kln.html

Greg, B. (2016, Desember 15). Berbagai Bentuk Permasalahan Matematika dalam Kehidupan Sehari-hari. Disain Pembelajaran Matematika I. Tips Belajar Matematika. https://www.tipsbelajarmatematika.com/2016/12/berbagai-bentuk-permasalahan-matematika.html

Habibullah, dan Bulan Nuri. (2017). Pembelajaran Matematika di Era Milenium ke-3. Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika. Universitas Negeri Yogyakarta. E-ISBN:9786027340336, P-ISBN:9786027340329.

Indarta, Y., dkk. (2021). 21st Century Skills : TVET dan Tantangan Abad 21. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4340-4348. E-ISSN:2656-8071, P-ISSN:2656-8063. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1458

Indarto, S. (2019, Juni 5). Manajemen Sumber Daya Manusia pada Abad 21. Hrinnovative Industry – Society 5.0. https://septosuhanda.wordpress.com/2019/06/05/manajemen-sumber-daya-manusia-pada-abad-21-septo-indarto/

Laila, K., dan Hendriyanto. (2021, Februari 3). Menyiapkan Pendidik Profesional di Era Society 5.0. Direktorat Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/menyiapkan-pendidik-profesional-di-era-society-50

Nurohim. 2022. Pola Gaya Belajar Matematika di Era Abad 21. https://www.gurusiana.id/read/nurohim/article/pola-gaya-belajar-matematika-di-era-abad-21-822861

Prodes Wijaya, J. (2014, Mei 4). Lima Pilar Belajar Indonesia dalam Pembelajaran. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. http://jeckprodeswijaya.blogspot.com/2014/05/lima-pilar-belajar-indonesia-dalam.html

Rahmi. (2013). Kontribusi matematika dalam Pembentukan Karakter Siwa. Jurnal Ekotrans, 12(1), 31-38. http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3974/1/Pendidikan%20Karakter.pdf

Riska DRP, dkk. (2022). Pentingnya Keterampilan Abad 21 dalam Pembelajaran Matematika. SICEDU, 1(2), 449-459. E-ISSN:2962-9713, P-ISSN:2963-928X

Rumiarti. (2020, Januari 4). Literasi, Kunci untuk Menembus Kecakapan Abad 21. SMP Islam Terpadu PAPB. https://smpislampapb.sch.id/literasi-kunci-untuk-menembus-kecakapan-abad-21/

Salim Nahdi, D. (2019). Keterampilan Matematika di Abad 21. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2), 133-140. E-ISSN:2579-4442, P-ISSN:2442-7470

Sasmoko. (2017, Agustus 8). Pendidikan Abad 21. BINUS University. https://pgsd.binus.ac.id/2017/08/08/pendidikan-abad-21/

Sidu. (2020, Oktober 22). Ini dia Hasil Survei PISA tentang Kualitas Pendidikan di Indonesia dalam 3 Tahun Terakhir. Ayo Menulis. https://ayomenulis.id/artikel/ini-dia-hasil-survei-pisa-tentang-kualitas-pendidikan-di-indonesia-dalam-3-tahun-terakhir

Usmawati, R. (2020, November 23). Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika. Jawa Pos. https://radarsemarang.jawapos.com/artikel/untukmu-guruku/2020/11/23/pendidikan-karakter-dalam-pembelajaran-matematika/

Yuni Wijaya, E., dkk. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Mansuia di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Kanjuruhan Malang, Vol 1, 263-278. ISSN:2528-259X. https://core.ac.uk/download/pdf/297841821.pdf


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.