Eksplorasi Etnomatematika Bale Bengong Pada Rumah Tradisional Bali

Siti Nur Aprianti, Indra Martha Rusmana, Asep Setiadi

Sari


Penelitian ini dilakukan untuk mengeksplorasi unsur-unsur matematika (etnomatematika) yang terdapat pada bangunan bale bengong yang berada di Desa Buleleng Singaraja, Bali, Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi. Data-data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah studi literatur, observasi dan dokumentasi. Observasi dan dokumentasi digunakan untuk mengidentifikasi dan mengeksplore unsur-unsur matematika pada bangunan bale bengong, studi literature digunakan untuk mengetahui lebih dalam nilai-nilai budaya yang ada pada bangunan bale bengong sebagai aplikasi pembelajaran matematika disekolah. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat unsur-unsur matematika (etnomatematika) pada bangunan bale bengong, yaitu bangun datar persegi panjang, bangun ruang balok dan limas, konsep kesebangunan persegi, sudut siku-siku, sudut lurus dan gradien. Implikasi dari penelitian ini adalah unsur budaya bale bengong yang dapat digunakan dalam aplikasi pembelajaran matematika disekolah jenjang SMP.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abroriy, Darwis. (2020). Etnomatematika Dalam perspektif Budaya Madura.

Jurnal Mathematics and Natural Science Education p-ISSN : 2721-172X e-ISSN : 2721-1746 Vol.1 No.3 Tahun 2020; hal 182-192. https://mass.iain-jember.ac.id/index.php/mass/article/view/44

Arrafiani. (2012). Rumah Etnik Bali. Jakarta:Griya Kreasi

Darmayasa, J. B. (2016). Eksplorasi Etnomatematics Dalam Ajaran Astha Kosala-Kosali Untuk Memperkaya Khazanah Pendidikan Matematika. Jurnal Prosiding Nasional MIPA 2016, ISBN 978-602-6428-00. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/semnasmipa/article/view/10175/6476

Farhan, M., Apriyanto, M. T., Rahman, A. H., (2021). Eksplorasi Etnomatematika

Untuk Pembelajaran Matematika Di Sekolah. Jurnal Derivat.Volume 8 No.2 Desember 2021 ISSN: 2549-2606. https://journal.upy.ac.id/index.php/derivat/article/view/1965

Faedoni, B. (2014). Sukses Pendalaman Materi Matematika SMP/MTS. Jakarta

Timur: Pustaka Makmur

Fauzi, A & Setiawan, H. (2020). Etnomatematika: Konsep Geometri Pada

Kerajinan Tradisional Sasak Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan Vol.20 No.2 tahun 2020, e-ISSN :2614-0578,P-ISSN:1412-5889.http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/didaktis/article/view/4690/2823

Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif, Sumatera Utara: Wal Ashri Publishing

Herlina, R., Somakin., Hartono, Y. (2018). Etnomatematika Dalam Budaya

Rumah Adat Palembang. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia ISBN: 978-602-6258-07-6. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/etnomatnesia/article/view/2428&ved

Rahmawati, Y., Muchlian, M. (2019).Eksplorasi Etnomatematika Rumah Gadang

Minangkabau Sumatera Barat. Jurnal Analisa 5 (2) (2019) 124-326 p-ISSN: 2549-5235 E-ISSN:2549-5143. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/analisa.index

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung:Alfabeta

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Setialesmana, D., dkk (2020) Eksplorasi Etnomatematika Dalam Merancang Kebaya Dilihat Dari Filosofi Dan Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika Vol.6 no 1, pp.43-52. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jp3m/article/view/DEP61

Wiriantari & Wijaatmaja. (2019). Perubahan Struktur, Fungsi dan Struktur Bale Jineng Dalam Arsitekstur Tradisional Bali. Jurnal Inovasi Baru dalam penelitian Sains, Teknologi dan Komunikasi. https://eproceeding.undwi.ac.id/index.php/inobali/article/view/58


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.