Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Integral Melalui Metode Inquiry

Hannanil Nur Purnomo

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi integral melalui metode pembelajaran inquiry di kelas XI AKL 1 SMK Walang Jaya. Subjek penelitian siswa sebanyak 38 siswa. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitiann menunjukan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan belajar pada siswa kelas X yang tampak berdasarkan nilai rata-rata dan presentase ketuntasan belajar pada setiap siklus. Pada siklus I, nilai rata-rata hasil belajar siswa mencapai 67,11 dengan ketuntasan belajar 57,89%. Pada siklus II, nilai rata-rata siswa mencapai 68,42 dengan ketuntasan belajar 68,42%. Sedangkan pada siklus III diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 70,66 dengan ketuntasan belajar 84,21%. Kesimpulan penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar matematika materi integral melalui metode pembelajaran inquiry

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.