Pengaruh Penggunaan Quizizz Pembelajaran Matematika terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDIT Cahaya Ilmu di Masa Pandemi Covid-19

Nurdeni Nurdeni, Alvi Rahma Islamy

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan quizizz pembelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa kelas V SDIT Cahaya Ilmu. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment). Teknik pengambilan data yang digunakan adalah posttest dan dokumentasi. Sampel penelitian berjumlah 60 siswa yang terdiri dari 30 siswa kelas V ibnu al farabi yang menjadi kelas eksperimen dan 30 siswa kelas ibnu al kindi yang menjadi kelas kontrol. Hasil perhitungan pengujian persyaratan analisis pengujian kelas eksperimen serta kelas kontrol berdistribusi normal. Tes homogenitas kelas eksperimen dan kelas kontrol di Fhitung < Ftabel = 1,02 < 1,87 dinyatakan data homogen. Hasil pengujian hipotesis thitung > ttabel = 6,229 > 2,0021, maka H1 diterima dimana mempunyai arti terdapat pengaruh penggunaan quizizz pembelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa kelas V SDIT Cahaya Ilmu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh Penggunaan Quizizz Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDIT Cahaya Ilmu.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Al Mawaddah, A. W., Hidayat, M. T., Amin, S. M., & Hartatik, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3109-3116.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Destari, R., Rosalina, E., & Mandasari, N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri 94 Rejang Lebong. LJSE: Linggau Journal Science Education, 2(2), 56-66.

Haryati, I. (2021). Pengaruh penggunaan aplikasi quizizz terhadap motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran daring IPA kelas V MIN 1 Kota Surabaya (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Kurniawan, M. C. D., & Huda, M. M. (2020). Pengaruh penggunaan quizizz sebagai latihan soal terhadap hasil belajar siswa kelas V SD. Jurnal Pena Karakter, 3(1), 37-41.

Mukhtar, R. (2015). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Seni Budaya Bidang Seni Musik Siswa Kelas X SMA Piri 1 Yogyakarta. Skripsi Sarjana Tidak Diterbitkan. Yogyakarta: Fakultas Bahasa Dan Seni UNY [Universitas Negeri Yogyakarta]. Tersedia secara online juga di: https://eprints. uny. ac. id/18297/1/SKRIPSI% 20RADINAL% 20MUKHTAR, 20(2809208241033), 29.

Panggabean, S., & Harahap, T. H. (2020). Studi Penerapan Media Kuis Interaktif Quizizz Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 6(1), 78-83.

Siboro, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Project Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Materi Pokok Pengukuran Kelas X semester I Smas Gkpi Padang Bulan Medan TP 2020/2021. Jurnal Penelitian Fisikawan, 4(1), 10-16.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.