Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Pada Materi Geometri Ditinjau Dari Perbedaan Gender

Andi Ika Prasasti Abrar, Azwar Annas, Adi Sulaiman M. Siddik, Irma aulliani, Afrah Intan Jamaluddin

Sari


Prestasi belajar siswa dapat dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Salah satu faktor yang mempengaruhi tersebut adalah perbedaan gender. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi matematika siswa dalam materi geometri ditinjau dari perbedaan gender. Subjek penelitian ini terdiri dari 3 siswa laki-laki dan 3  perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan  dalam penelitian ini menggunakan soal tes untuk mengetahui kemampuan literasi matematika siswa dan wawancara untuk menggali informasi mendalam terhadap hasil tes. Teknis analisis data yang digunakan menurut miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan signifikan antara siswa laki-laki dan perempuan. Siswa laki-laki cenderung baik dalam menerapkan konsep matematika tetapi kurang dalam penyajian dan membuat kesimpulan matematis. Siswa perempuan lebih unggul dalam menyajikan masalah matematis dan menulis informasi dengan lengkap, meskipun menemui kesulitan dalam menafsirkan solusi dan membuat kesimpulan komprehensif.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aulia Wijaya, N., & dkk. (2023). Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Analisis Kemampuan Literasi Matematika Pada Siswa SMP Negeri 1 Mayong di Tinjau Bedasarkan Kemampuan Matematis Siswa. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(6), 390–398.

Awalyah, S., Nuraida2, I., & Sunaryo3, Y. (2022). KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA SMP DILIHAT DARI PERSPEKTIF GENDER. In Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) (Vol. 3, Issue 1).

Belajar dari PISA dan TIMSS. (n.d.).

Febrianti, S., Rahmat, T., & Fitri, H. (2023). Kemampuan Literasi Matematika dalam Menyelesaikan Soal Pisa pada Siswa Kemampuan Tinggi Berdasarkan Gender. Journal Of Social Science Research, 3, 10100–10109.

Galih Dwi Pangasta, D., & Nusantara, T. (2024). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. 13(2), 522–537. https://doi.org/10.24127/ajpm.v13i2.8806

Isnaniah, I., Imamuddin, M., Charles, C., Syahrul, S., & Zulmuqim, Z. (2021). Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berdasarkan Gender. Lattice Journal : Journal of Mathematics Education and Applied, 1(2), 131. https://doi.org/10.30983/lattice.v1i2.5088

Julisra, W., & Sepriyanti, N. (2019). KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA DALAM PERSPEKTIF GENDER DI KELAS X MIA 7 SMAN 10 PADANG. http://www.

Jumarniati, Muhammad Rusli Baharuddin, Sulfiana Firman(2021). EQUALS : Deskripsi Kemampuan Literasi Matematis pada Materi Aritmatika Sosial Berdasarkan Gender

Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas VIII Ditinjau Dari Perbedaan Gender Di MTsN, A., Agung Jamaesa, R., & Prayitno, S. (2022). Griya Journal of Mathematics Education and Application. Journal of Mathematics Education and Application, 2(2). https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Griya/indexGriya

Lestari, S. I., Prayitno, L. L., Studi, P., Matematika, P., Sains, F., & Teknologi, D. (n.d.). KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SPLDV BERDASARKAN PERBEDAAN GENDER.

Mashuri, S., Kurniawan, R., & Jahring, J. (2023). KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BERORIENTASI PISA KONTEN QUANTITY. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 179. https://doi.org/10.20527/edumat.v11i1.15417

Mawarti, P., & Desniarti, D. (2023). KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS MATERI KOORDINAT KARTESIUS BERDASARKAN GENDER DI MTs. SWASTA SHOLIHIN. JURNAL MATHEMATIC PAEDAGOGIC, 7(2), 195–204. https://doi.org/10.36294/jmp.v7i2.3218

Ornawati, V., & dkk. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA SMP. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11(1), 45. https://doi.org/10.31941/delta.v11i1.2438

Paloloang, M. F. B., Juandi, D., Tamur, M., Paloloang, B., & Adem, A. M. G. (2020). META ANALISIS: PENGARUH PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA DI INDONESIA TUJUH TAHUN TERAKHIR. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 851. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3049

Pamungkas, M. D., & Franita, Y. (n.d.). Keefektifan problem based learning untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa. 5(2), 75–80.

Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika. (n.d.). https://doi.org/10.30605/proximal.v5i2.3443

Saputri, N. C., Kurnia Sari, R., Ayunda, D., Keguruan, S. T., Ilmu, D., Banten, P., Ciruas-Walantaka, K., & Serang -Banten, K. (n.d.-a). ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19.

Setiawan, A., & dkk. (2019). ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA DALAM PENYELESAIAN SOAL PISA DITINJAU DARI GENDER. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 6. http://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPMat/index

Setiawan, A., Inganah, S., Ummah, S. K., & Malang, U. M. (2019). ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA DALAM PENYELESAIAN SOAL PISA DITINJAU DARI GENDER. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 6. http://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPMat/index

Suwarno, M., & Ardani, R. A. (2022). Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berdasarkan PISA Level 4. Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education, 4(2), 107–115. https://doi.org/10.21580/square.2022.4.2.12401

Wahyuni, N. A., & Rusnilawati, R. (2024). Pendekatan STEAM dengan Model Inquiry Learning Berbantuan Liveworksheet untuk Meningkatkan Literasi Matematis Siswa SD Kelas V. FONDATIA, 8(2), 316–328. https://doi.org/10.36088/fondatia.v8i2.4736

Widianti, W., Hidayati, N., Singaperbangsa Karawang, U., Ronggo Waluyo, J. H., Telukjambe Timur, K., & Barat, J. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPAT. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(1). https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i1.27-38

Yudiawati, N., & dkk. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematik dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Ditinjau Berdasarkan Gender Melalui Pembelajaran Reciprocal Teaching. Pasundan Journal of Mathematics Education (PJME), 11. https://doi.org/10.5035/pjme.v11i1.3691


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.