Strategi Kompetitif Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan dan Keberhasilan Siswa Menuju Puncak Prestasi

Nurhayati Nurhayati

Sari


Penelitian ini membahas tentang strategi meningkatkan kualitas pendidikan dan keberhasilan siswa menuju puncak prestasi. Penelitian ini menggunakan metode tinjauan literatur dengan mengumpulkan data dari jurnal dan buku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pendidikan bukan hanya sekadar proses, tetapi merupakan landasan kokoh yang menjadi pondasi bagi kesuksesan siswa dalam mencapai prestasi tertinggi dalam berbagai bidang kehidupan. Peningkatan kualitas pendidikan dapat dilakukan melalui beberapa strategi, yaitu: pengembangan kurikulum yang relevan:. peningkatan kualitas tenaga pendidik, pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran, pembinaan karakter dan keterampilan, kolaborasi dengan dunia industri dan masyarakat,  evaluasi dan pemantauan kualitas pendidikan Dengan menerapkan strategi-strategi tersebut, diharapkan kualitas pendidikan dan keberhasilan siswa dapat terus meningkat menuju puncak prestasi. Menciptakan generasi yang cerdas, kreatif, dan berintegritas

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aisyah, S. 2023. Mental Guru Yang Sehat Dapat Mewujudkan Kualitas Pendidikan Yang Hebat. https://guruinovatif.id/artikel/mental-guru-yang-sehat-dapat-mewujudkan-kualitas-pendidikan-yang-hebat

Anas, Z. 2024. Kurikulum, Pendidikan, Dan Peradaban. https://jendela.kemdikbud.go.id/v2/kajian/detail/kurikulum-pendidikan-dan-peradaban.

Astrid, N, S., Desti, R, P., Rossy, R. (2023). Evaluasi Pembelajaran dalam Meningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar. MASALIQ, 3(5):824-832. doi: 10.58578/masaliq.v3i5.1380

Esther, D, J. (2017). The Role of Industry as a Partner in Providing Innovative Leadership to Guide the Education and Training of a High Quality Workforce in a Rapidly Changing Industry. International journal of business, 5(2):113-123.

Hasan, M. M. D. H. K. T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group (Issue Mei).

Indrawan, R dan Poppy Y. (2017). Metodologi Penelitian. Bandung: PT. Refika Aditama.

Iskandar, A., dkk. 2023. PERAN TEKNOLOGI DALAM DUNIA PENDIDIKAN. Sulawesi. Cendekiawan Inovasi Digital Indonesia.

Khoirunnisa, SC., Vadila , ZR. (2023). The Positive Impact of Collaboration: Best Practices in Managing School and Community Relations in Primary Schools. AURELIA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2):1045-1049. doi: 10.57235/aurelia.v2i2.626

Lailatussaadah. 2015. Upaya Peningkatan Kinerja Guru. Intelektualita - Volume 3, Nomor 1, Januari-Juni. https://media.neliti.com/media/publications/243106-upaya-peningkatan-kinerja-guru-01aa1a7f.pdf

Ma’dan, M., Ismail, M. T., & Daud, S. (2020). Strategies To Enhance Graduate Employability: Insight From Malaysian Public University Policy-Makers. Malaysian Journal Of Learning And Instruction, 17(2), 137–165. https://doi.org/10.32890/mjli2020.17.2.5

Mahmuda, U. 2019. Kurikulum Pendidikan Dalam Kajian Al-Qur’an Hadits Tematik. kurikulum pendidikan dalam kajian al-qur'an . https://jurnal.stituwjombang.ac.id › download.

Manju, M. (2023). Impact assessment of innovative learning approaches on education: a critical review. International journal of advanced research, 11(05):989-995. doi: 10.21474/ijar01/16955

Mitashree, T. (2018). Role of Creative Thinking as an Imperative Tool in Communication at Workplace. Journal of Organizational Culture, Communications and Conflict, 22(2):1-. Muhammad, Qodrat, Wisnu, Aji. (2019). Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri. 17(2):70-84. doi: 10.20961/TEKNODIKA.V17I2.35281

Mitashree, T. (2020). Dimensions of critical thinking in workplace management & personal development: a conceptual analysis. Multidisciplinary Journal for Education, Social and Technological Sciences, 7(2):1-19. doi: 10.4995/MUSE.2020.12925

Nurhuda H. 202. Masalah-Masalah Pendidikan Nasional; Faktorfaktor Dan Solusi Yang Ditawarkan. DIRASAH Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam. file:///c:/users/bu%20noer/downloads/406-article%20text-702-1-10-20220828%20(1).pdf

OECD. (2019). "Education and Skills in the Digital Age." OECD Publishing

Peter, T., Deirdre, Br., Petra, F., Margaret, L., Chris, S., Nadine, F., Michel, L. (2021). Developing a quality curriculum in a technological era. Educational technology research, 69(4):1-24. doi: 10.1007/S11423-020-09857-3

Punya, P., Priya, K. (2023). Quality Education from Teachers’ Perspective. Research review international journal of multidisciplinary, 8(6):44-52. doi: 10.31305/rrijm.2023.v08.n06.007

Rahman, K. T., Irda, M., Nevi, Y. (2023). Integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran ipa di sekolah dasar. Pendas: jurnal ilmiah pendidikan dasar, 8(1):731-744. doi: 10.23969/jp.v8i1.7488

Sudung, N. (2022). Students’ Competence Needs Analysis in Curriculum for Facing 21st Century Education. Al-Ishlah, 14(2):2099-2106. doi: 10.35445/alishlah.v14i2.1997

Syamsir A. 2023. Hasil PISA 2022, Refleksi Mutu Pendidikan Nasional 2023. https://mediaindonesia.com18/12/2023.

Vasyl, K. (2023). Educational monitoring is an information basis for effective management of extracurricular education institutions. Naukovì zapiski, 1(207) doi: 10.36550/2415-7988-2022-1-207-354-359

Windrawanto, Y. 2015. Pelatihan Dalam Rangka Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru: Suatu Tinjauan Literatur. Satya Widya, Vol. 31, No.2. Desember 2015: 90-101. https://www.researchgate.net/publication/315349330


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.