Systematic Literature Review: Model Pembelajaran Matematika dalam Pemecahkan Masalah melalui Soal Cerita
Sari
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ariyana, I. K. S., & Suastika, I. N. (2022). Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) sebagai Salah Satu Strategi Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(1), 203. https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i1.2016
Berutu, D. E. O. M., & Muhammad, I. (2021). The Influence of the Logan Avenue Problem Solving-Heuristic Learning Model on Mathematical Problem Solving In VII SMP Negeri 2 Badar. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (JPMS, 7(2), 60–69.
Bruno, A., Qohar, A., Susanto, H., & Permadi, H. (2021). Kesulitan Siswa dalam Pemecahan Masalah Soal Cerita Matematika Dilihat dari Adversity Quotient (AQ). Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(03), 91–103. https://doi.org/10.22437/edumatica.v11i03.15395
Daulay, I. S. (2023). Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Pengurangan Bilangan dalam Bentuk Soal Cerita. MathEdu (Mathematic Education Journal), 6(2), 181–186.
Ekawati, M. (2018). Peningkatan keterampilan pemecahan masalah soal cerita bangun datar melalui penerapan model pembelajaran auditory intellectually and repetition peserta didik …. Didaktika Dwija Indria, 7–12. https://jurnal.uns.ac.id/JDDI/article/view/33574
Fajariah, E. S., Dwidayati, N., Karomah, & Cahyono, E. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Self-Efficacy Siswa dalam Implementasi Model. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(2), 259–265. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer
Idris, I., Kurniasih, A. W., & Junaedi, I. (2025). Systematic Literature Review : Implementasi Penerapan Model Pembelajaran Terhadap Kemampuan Literasi Matematika dan Pemecahan Masalah Matematika. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 8, 149–161.
Jaya, G. A., & Kelana, J. B. (2022). Peningkatan Pemecahan Masalah Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Bar Modelling Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan, 1(1), 18–24. https://doi.org/10.22460/jpp.v1i1.10363
Juliantini, L. S., Jampel, I. N., & Sujendra Diputra, K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Brain Based Learning Berbantuan Media Konkret Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV SD. Thinking Skills and Creativity Journal, 3(1), 8–17. https://doi.org/10.23887/tscj.v3i1.24304
Khasanah, N., Supriyanto, D. H., & Susanto, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Kelas V. Jurnal Pendidikan Modern, 5(2), 48–56. https://doi.org/10.37471/jpm.v5i2.74
Khayroiyah, S., & Ramadhani. (2018). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada soal cerita matematika menggunakan model PBL berbasis media realistik. Jurnal MathEducation Nusantara, 1(2), 12–17.
Marfungah, A., Nugraheni, P., & Yuzianah, D. (2020). P Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script dan Circ Dalam Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 779–786. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.288
Nainggolan, A. P. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JPIn: Jurnal Pendidik Indonesia, 3(1), 31–37. https://doi.org/10.47165/jpin.v3i1.83
Ningsih, T. R., Kusumaningsih, W., & Buchori, A. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran SAVI dan Problem Solving Berbantu CD Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Soal Cerita. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(6), 492–500. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i6.6775
Novitasari, I. A., & Nurtamam, M. E. (2024). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Tahapan Polya. DIDIKA ( Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar), 10(2), 497–507.
Putri, D. K., Sulianto, J., & Azizah, M. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah. International Journal of Elementary Education, 3(3), 351. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19497
Putri, D. R., & Nugraheni, E. A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning (GDL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 191–197. https://doi.org/10.30605/proximal.v5i2.1898
Sagita, D. K., Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 431–439. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4609
Sriwahyuni, K., & Maryati, I. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Statistika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 335–344. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1109
Suriani, T., & Devita, D. (2021). Efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic, 5(3), 59–65. https://doi.org/10.36057/jips.v5i3.501
Suriyani. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division ( STAD ) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Effect of Student Teams Achievement Division ( STAD ) Learning Model on Mathematical Problem Solving Ability. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika SIGMA (JPMS, 5(1), 1–6.
Tangahu, E., Elyadi, H., & Pomalato, S. W. D. (2025). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Lingkaran. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 13(1), 10–17. https://doi.org/10.25273/jems.v13i1.21336
Utami, H. S., & Puspitasari, N. (2022). Kemampuan pemecahan masalah siswa smp dalam menyelesaikan soal cerita pada materi persamaan kuadrat. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 57–68. https://doi.org/10.31980/pme.v1i1.1366
Wahyuni, E., Nisa, K., & Fauzi, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 1 Midang. Renjana Pendidikan Dasar, 3(3), 176–183.
Widiawati, M., Istiyati, S., & Sur, A. (2019). Penerapan model pembelajaran creative problem solving untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah pada soal cerita bangun ruang peserta didik kelas V sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 7(449), 1–6.
Widyastuti, E., Kamsiyati, S., & Surya, A. (2021). Penerapan model pembelajaran means ends analysis (mea) untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah soal cerita pada siswa sd. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(2), 102. https://doi.org/10.20961/jpiuns.v7i2.47256
WS, L. N., Hartono, H., & Matsuri, M. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Soal Cerita Operasi Hitung Campuran melalui Model Pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction (Arias) pada Siswa Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(2), 43. https://doi.org/10.20961/jpiuns.v5i2.46351
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.