ANALISIS KUALITATIF DESKRIPTIF TERHADAP STRATEGI PEMECAHAN MASALAH YANG DITERAPKAN GURU MATEMATIKA

Mutiara Nurhangesti, Muhammad Zaidan, Muhammad Ari Choirudin, Fahri Saputra

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pemecahan masalah yang digunakan oleh guru matematika dalam pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, yang memungkinkan peneliti menggambarkan secara mendalam strategi-strategi yang diterapkan guru dalam mengajarkan konsep matematika melalui pemecahan masalah. Subjek dalam penelitian ini adalah guru matematika di SMK Fajar Sentosa Cileungsi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi kegiatan pembelajaran, wawancara mendalam dengan guru, serta dokumentasi berupa catatan mengajar dan bahan ajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menunjukkan konsistensi dalam menerapkan pendekatan pemecahan masalah, dan menyadari pentingnya keterlibatan siswa secara aktif dalam proses berpikir kritis dan analitis. Kedua guru yang menjadi subjek penelitian memiliki pandangan yang serupa mengenai peran strategi pemecahan masalah sebagai kunci dalam meningkatkan pemahaman dan kemampuan berpikir siswa dalam matematika.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Jannah, R., & Wijayanti, P. (2021). Analisis strategi pemecahan masalah matematika siswa SMP ditinjau dari kemampuan matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2896–2910. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.767

Kushendri, & Zanthy, L. S. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA. Journal On Education, 1(1), 7–13. https://doi.org/10.31004/joe.v1i3.124

Lamatenggo, N. (2020). Strategi pembelajaran. Dalam Prosiding Webinar Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo (hlm. 22–29). Universitas Negeri Gorontalo. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSI/article/viewFile/397/360

Purnamasari, I., & Setiawan, W. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP pada materi SPLDV ditinjau dari kemampuan awal matematika. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 207–215. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.771

Ridwan, M., Suhar, A. M., Ulum, B., & Muhammad, F. (2021). Pentingnya penerapan literature review pada penelitian ilmiah. Jurnal Masohi, 2(1), 42. https://doi.org/10.36339/jmas.v2i1.427

Rowdlotul Jannah, R., & Wijayanti, P. (2021). Analisis strategi pemecahan masalah matematika siswa SMP ditinjau dari kemampuan matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2896–2910. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.767

Shidiq, U., & Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Yuhani, A., Zanthy, L. S., & Hendriana, H. (2018). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 445–452. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p445-452


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.