Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Materi Peluang Kelas X SMK Mahadhika 2

Lisa Oktaviani, Suci Mar Anggraini, Siti Nur Alifiya

Sari


Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kesulitan belajar siswa kelas X SMK Mahadhika 2 dalam memahami materi peluang. Metode pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian 21 siswa. Data diperoleh melalui observasi pembelajaran di kelas, wawancara guru dan beberapa siswa, serta analisis terhadap hasil belajar siswa dari tugas formatif maupun nilai Asesmen Tengah Semester. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan beberapa jenis kesulitan belajar siswa yang terdiri dari kesulitan dalam memahami konsep dasar peluang, penggunaan rumus peluang, baik dalam aturan perkalian, permutasi, maupun kombinasi serta kesulitan dalam memahami soal cerita. Faktor yang memengaruhi adalah metode pengajaran yang masih terlalu monoton dan kurang menggunakan pendekatan visual, minimnya motivasi siswa terhadap pelajaran matematika, serta kurangnya media pembelajaran yang bisa membantu siswa memahami materi abstrak seperti peluang. Oleh karena itu, dalam pembelajaran matematika pada materi peluang sebaiknya dilakukan dengan pendekatan yang lebih kontekstual, visual, dan interaktif agar lebih mudah dipahami oleh siswa SMK.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abrar, A. I. P. (2014). Kesulitan Siswa SMP Belajar Konsep Dan Prinsip Dalam Matematika. AlKhwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(1), 59–68. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v2i1.102

Darmayasa, I. M. S., Arnyana, I. B. P., & Sadia, I. W. (2023). Pengembangan pembelajaran matematika berbasis kejuruan di SMK pada kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 11(1), 45–55. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/17112

Darmayasa, J. B., Wulandari, S., & Ervana, L. (2023). Matematika Dalam Kurikulum Smk Pasca Pandemi Covid-19. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(3), 913–924. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i3.17112

Khairullah, W., & Heriyana, T. (2023). Analisis kesulitan belajar matematika siswa pada materi barisan dan deret kelas XI SMK Karya Nasional Kuningan. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(2), 427–444.

Lumbantoruan, S., Hutabarat, W., & Napitupulu, E. (2022). Analisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal peluang berdasarkan taksonomi SOLO. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 324–339. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/cendekia/article/view/13494

Narunita, W. J., & Kusuma, A. B. (2023). Analisis Prinsip Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka dan Penerapannya dalam Pembelajaran Matematika. Postulat: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(2), 162–178. DOI: 10.30587/postulat.v4i2.5730

Putridayani, I. B., & Chotimah, S. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pelajaran Matematika Pada Materi Peluang. Maju, 7(1), 502983.

STANDAR, B., & Kurikulum, D. A. P. (2023). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Nomor 033/H/KR 2022, Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia.

Utami, A. P. (2020). Kesulitan Belajar: Gangguan Psikologi Pada Siswa Dalam Menerima Pelajaran. ScienceEdu, 2(2), 92–96. https://doi.org/10.19184/se.v2i2.15060

Widodo, S. A., & Wahyudin. (2018). Selection of Learning Media Mathematics for Junior School Students. Turkish Online Journal of Educational Technology, 17(1), 154–160.

https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1165764.pdf


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.