Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Memecahkan Soal HOTS
Sari
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Adeoye, M. A., & Jimoh, H. A. (2023). Problem-solving skills among 21st-century learners toward creativity and innovation ideas. Thinking Skills and Creativity Journal, 6(1), 52–58.
Andaryanto, A., Santoso, J. W., & Winarno, A. (2024). Prinsip dan Peran Logika sebagai Dasar Penalaran Ilmiah di Era Informasi. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(4), 189–198.
Anggraini, N. P., Siagian, T. A., & Agustinsa, R. (2022). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa dalam menyelesaikan soal berbasis AKM. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education, 4(1), 58–78.
Ardianingtyas, I. R., Sunandar, S., & Dwijayanti, I. (2020). Kemampuan berpikir kritis siswa SMP ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematika. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(5), 401–408.
Ardiyanto, B., Chasanah, A. N., Hendrastuti, Z. R., & Rais, S. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas X pada Materi Persamaan Logaritma Ditinjau dari Kemandirian Belajar. MATH LOCUS: Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Matematika, 2(1), 15–22.
Arsiyanto, A. R., Wanabuliandari, S., & Fajrie, N. (2021). Faktor-Faktor Hasil Pemahaman Konsep Matematis Dalam Pembelajaran Masa Pandemi COVID-19. P2M STKIP Siliwangi, 8(1), 1–14.
Atiaturrahmaniah, A., Arnyana, I. B. P., & Suastra, I. W. (2022). Peran model science, technology, engineering, arts, and math (STEAM) dalam meningkatkan berpikir kritis dan literasi sains siswa sekolah dasar. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(4), 368–375.
Beddu, S. (2019). Implementasi pembelajaran higher order thinking skills (HOTS) terhadap hasil belajar peserta didik. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 1(3), 71–84.
Dhamayanti, N. W., Rasiman, R., & Endahwuri, D. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Lingkaran Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(3), 249–259.
Firdaus, H., & Satriawan, R. (2025). Collaborative Learning Strategies in Developing Critical Thinking of Students in Mathematics. The Journal of Academic Science, 2(1), 106–115.
Haryani, E., Coben, W. W., Pleasants, B. A. S., & Fetters, M. K. (2021). Analysis of teachers’ resources for integrating the skills of creativity and innovation, critical thinking and problem solving, collaboration, and communication in science classrooms. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(1), 92–102.
Hesti, H. V., Novianti, R., & Tarigas, E. Y. D. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada materi trigonometri. Juwara, 1(2), 105–116.
Ibrahim, M. B., Sari, F. P., Kharisma, L. P. I., Kertati, I., Artawan, P., Sudipa, I. G. I., Simanihuruk, P., Rusmayadi, G., Muhammadiah, M. ud, & Nursanty, E. (2023). Metode Penelitian Berbagai Bidang Keilmuan (Panduan & Referensi). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Jangko, L., & Yuwono, T. (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis menggunakan Pendekatan Blended Learning pada Siswa Kelas VIIB Di SMP Negeri 6 Lembor. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 8(1), 102–112.
Kurniawati, D., & Ekayanti, A. (2020). Pentingnya berpikir kritis dalam pembelajaran matematika. PeTeKa, 3(2), 107–114.
Kusumawardani, N. N., Rusijono, R., & Dewi, U. (2022). Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa dalam memecahkan masalah matematika. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(2).
Lukman, H. S., Agustiani, N., & Setiani, A. (2024). Gamifikasi Bahan Ajar Matematika Smp: Analisis Kepraktisan Dan Efektivitas Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 13(1), 198–208.
Mardliyah, S., Herman, T., Suhendra, S., & Febrianti, E. D. (2024). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Kelas VIII. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 9(1), 121–132.
Mukarima, U. S., Wawan, W., Setiawan, A., Ningsih, E. F., & Choirudin, C. (2024). Penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan media pembelajaran magic board untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(3), 164–167.
Niswah, A. F., & Agoestanto, A. (2021). Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Self-Efficacy Menggunakan Quantum Teaching pada Siswa SMP. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 49–58.
Octaviana, P., & Setyaningsih, N. (2022). Kompetensi berpikir kritis siswa dalam memecahkan persoalan HOTS berdasarkan gaya belajar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1436.
Purwaningsih, A. S., & Harjono, N. (2023). Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1204–1212.
Qodarsih, F. Y., Sunarso, A., & Utanto, Y. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas IV dengan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantu Media Poster. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(1), 413–425.
Rochaminah, S., & Rizal, M. (2025). Exploring the Student Critical Thinking in Mathematical Problem Solving. KnE Social Sciences.
Septianingrum, I. (2022). Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Untuk Meningkatkan Keterampilan. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 273–279.
Setyaningsih, N., & Mukodimah, T. D. (2022). Pengembangan instrumen asesmen higher order thinking skills (HOTS) berbasis literasi matematika pada materi SPLDV. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 1739–1748.
Shabrina, W. E., & Wijayanti, P. (2023). Profil Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA Ditinjau Dari Gaya Belajar. MATHEdunesa, 12(1), 221–239.
Shafa, S. I., Wibowo, T., & Yuzianah, D. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Literasi Numerasi. Jurnal Sains dan Teknologi, 5(1), 434–440.
Syafitri, E., Armanto, D., & Rahmadani, E. (2021). Aksiologi kemampuan berpikir kritis (kajian tentang manfaat dari kemampuan berpikir kritis). Journal of Science and Social Research, 4(3), 320–325.
Syarifah, T. J., Usodo, B., & Riyadi, R. (2018). Higher order thingking (HOT) problems to develop critical thinking ability and student self efficacy in learning mathematics primary schools. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 1(1).
Triwulandari, S., & Supardi, U. S. (2022). Analisis Inteligensi dan Berpikir Kritis. Utile: Jurnal Kependidikan, 8(1), 50–61.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.