PERSEPSI SISWA TERHADAP KESULITAN DAN STRATEGI DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA: STUDI KUALITATIF BERBASIS WAWANCARA

Ari Purwaningsih

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap persepsi siswa terhadap kesulitan yang mereka hadapi serta strategi yang digunakan dalam menyelesaikan masalah matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam kepada sejumlah siswa sekolah menengah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami soal cerita, menentukan langkah penyelesaian, dan menerapkan konsep yang relevan. Faktor penyebab kesulitan meliputi rendahnya pemahaman konsep dasar, kurangnya latihan, serta rasa cemas saat menghadapi soal yang kompleks. Adapun strategi yang diterapkan siswa antara lain adalah mencoba memahami soal dengan membaca berulang, berdiskusi dengan teman, menggunakan gambar atau skema, serta menghubungkan soal dengan pengalaman belajar sebelumnya. Temuan ini memberikan gambaran penting bagi guru untuk merancang pembelajaran yang lebih kontekstual, suportif, dan mendorong kemampuan berpikir kritis siswa dalam matematika.

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.