Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika

Suci Mar Anggraini, Huri Suhendri, Soeparlan Kasyadi

Sari


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas X tahun pelajaran 2024/2025 di SMK Swasta Kecamatan Kramat Jati. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen kuasi dengan pendekatan kuantitatif untuk menguji pengaruh suatu perlakuan terhadap suatu variabel. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen soal essay kemampuan berpikir kritis matematika. Adapun populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMK Budhi Warman 1 dan pesera didik kelas X SMK Mahadhika 2 tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 163 siswa. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMK Budhi Warman 1 sebanyak 23 siswa dan peserta didik kelas X SMK Mahadhika 2 sebanyak 18 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik nonprobability sampling. Berdasarkan hasil hipotesis dan analisis data menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematika. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil thitung = 6,66 > ttabel = 2,023

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.