Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas XI dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran
Sari
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengamati atau mengukur sejauh mana siswa mampu menyelesaikan soal-soal uraian tentang lingkaran. Soal-soal tersebut dirancang berdasarkan indikator-indikator yang menunjukkan kemampuan berpikir kritis.matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI yang sedang belajar materi lingkaran berjumlah sebanyak 10 sampel. Subjek penelitian dikelompokkan berdasarkan tiga tingkatan kemampuan: siswa dengan kemampuan tinggi (4 siswa), siswa dengan kemampuan sedang (3 siswa), dan siswa dengan kemampuan rendah (3 siswa). Data dikumpulkan melalui tes tertulis dan wawancara. Keabsahan data diuji menggunakan teknik triangulasi, yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Depdiknas (2006). Garis-garis Besar Program Pengajaran dan Penilaian Pada Sistem Semester tentang satuan Pendidikan SD. Jakarta Depdiknas
Mahmuzah, R ( 2015 ) Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa di SMP melalui Pendekatan Problem Posing . Jurnal Peluang , 4(1), 64-72
Shadiq, F. (2014). Pembelajaran Matematika Cara Meningkatkan Kemampuan BerpikirSiswa. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Siagian, M.D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematika dalam pembelajaran Matematika. MES (Journal of Mathematics Education and Science). 2(1)
Siswono, Tatag Y.E. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.