Media Pembelajaran Digital Berbasis Budaya Lokal untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa

Ifada Novikasari, Vika Oktaviani, Ardika Yunanda Rizky

Sari


Kemampuan komunikasi merupakan aspek fundamental dalam pembelajaran matematika, karena memungkinkan siswa untuk mengungkapkan, menjelaskan, dan mempertahankan pemikiran matematis mereka. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan komunikasi matematis yang ditunjukkan oleh siswa di jenjang menengah pertama. Sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut, diterapkan sebuah pendekatan pembelajaran menggunakan media digital berbasis konteks budaya lokal dalam proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen tipe pretest-posttest control group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang dipilih secara acak dari populasi siswa kelas VIII di salah satu sekolah menengah pertama. Instrumen penelitian berupa tes uraian untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis sebelum dan sesudah perlakuan. Data dianalisis menggunakan uji N-Gain dan uji-t. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol (p < 0,05), yang mengindikasikan bahwa pendekatan pembelajaran yang diterapkan memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmad, S. K. (2024). How to choose a sampling technique and determine sample size for research: A simplified guide for researchers. Oral Oncology Reports, 12. https://doi.org/10.1016/j.oor.2024.100662

Arikunto, S. (2019). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik (Revisi ke-7). Jakarta: Rineka Cipta.

Ardiansyah, A. S., Adi, Y. W., Choirunnisa, F. R., Wardani, D. F., & Raharani, F. A.-N. (2023). Integration of Ethnomathematics of Masjid Al Mahdi in Discovery Learning-based Textbook on Students’ Reasoning Ability. International Journal of Research in Mathematics Education, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.24090/ijrme.v1i1.7865.

Asmayawati, Yufiarti, & Yetti, E. (2024). Pedagogical innovation and curricular adaptation in enhancing digital literacy: A local wisdom approach for sustainable development in Indonesia context. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 10(1). https://doi.org/10.1016/j.joitmc.2024.100233.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (5th ed.). SAGE Publications.

Engerman, J. A., & Otto, R. F. (2021). The shift to digital: designing for learning from a culturally relevant interactive media perspective. Educational Technology Research and Development, 69(1), 301–305. https://www.jstor.org/stable/27285700.

Hernández-Martínez, M., Posso-Yépez, M., Cadena-Povea, H., Rivadeneira-Flores, J., & Placencia-Enríquez, F. (2025). ICT for the development of mathematical competencies in secondary education: a systematic review. Cogent Education, 12(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2025.2511038

Ikhsan, F., Pramudya, I., & Subanti, S. (2020). An analysis of mathematical communication skills of the students at grade VII of a junior high school. International Online Journal of Education and Teaching (IOJET), 7(4). 1300-1307. http://iojet.org/index.php/IOJET/article/view/1048

Karmini, N. W., Anggreni, P., Sari, I. A. P., Yudabakti, I. M., & Gotama, N. N. W. A. (2024). Analysis of the Effect of Local Wisdom-Based Learning Modules on Student Learning Outcomes in the Implementation of the Merdeka Curriculum. International Journal of Language and Ubiquitous Learning, 2(3), 360–372. https://doi.org/10.70177/ijlul.v2i3.1300.

Kurniawan, H., Purwoko, R. Y., & Kurniawan, H. (2024). Integrating cultural artifacts and tradition from remote regions in developing mathematics lesson plans to enhance mathematical literacy. Journal of Pedagogical Research, 8(1), 61-74. https://doi.org/10.33902/JPR.202423016

Novikasari, I. (2023). Keterampilan Berpikir Matematika. Purwokerto: Saizu Publisher.

Novikasari, I., & Febriana, M. (2024). Exploring Local Culture through Geometry Transformation: a Study of Banyumasan Batik. JTAM, 8(1). https://doi.org/10.31764/jtam.v8i1.17298.

Puspitarini, Y. D., & Hanif, M. (2019). Using Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School. Anatolian Journal of Education, 4(2), 53-60. https://doi.org/10.29333/aje.2019.426a

Tong, D., Uyen, B., & Van Anh Quoc, N. (2021). The improvement of 10th students' mathematical communication skills through learning ellipse topics. Heliyon, 7(11). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e08282


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.