Pengaruh Pendekatan Deep Learning Berbantuan Wordwall terhadap Koneksi Matematis dan Kemandirian Belajar

Sulistiawati Sulistiawati, Putriani Putriani, Hamidah Hamidah, Jaka Wijaya Kusuma

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Deep Learning berbantuan media game Math Riddles dan web Wordwall terhadap kemampuan koneksi matematis dan kemandirian belajar siswa SMK. Penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model Deep Learning dengan media pendukung dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan berupa tes koneksi matematis dan angket kemandirian belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol baik dalam kemampuan koneksi matematis maupun kemandirian belajar. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Deep Learning berbantuan Math Riddles dan Wordwall memberikan dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa SMK

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andiarani, M., & Nuryana, D. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa SMK Kelas X Pada Materi Persamaan Kuadrat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(6), 1785–1761.

Angger Mahardhika, A., & Nursit, I. (n.d.). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS WEBSITE WORDWALL UNTUK PESERTA DIDIK KELAS IX PADA MATERI ALJABAR.

Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Matematika Fase A - Fase F. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Riset Dan Teknologi Republik Indonesia, 11–12.

Bahri, S. (2017). Pengembangan kurikulum dasar dan tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1), 15–34.

Beljeur, W., Ardianik, & Hatip, A. (2023). The Effect of the Discovery Learning Model and Learning Independence on Mathematical Problem Solving Ability in Students. JKIP: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 3(2), 169–176.

Faridh, A., & Fahmy, R. (2019). Tesis: Kemandirian Belajar Siswa Melalui Flipped Classroom Berbasis Modul Berbantuan WhatsApp untuk Meningkatkan Literasi Matematika. Journal Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 1–190.

Habe, H., & Ahiruddin, A. (2017). Sistem Pendidikan Nasional. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis, 2(1), 39–45. https://doi.org/10.24967/ekombis.v2i1.48

Hofifah, U., & Mislan, M. (2025). Penerapan Model Game Based Learning (GBL) Berbasis Wordwall untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 116/X Lambur II. Ikhlas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 2(2), 41–56.

Julaeha, S., Mustangin, M., & Fathani, A. H. (2020). Profil Kemampuan Koneksi Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 800–810. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.300

Khasanah, F. U., Majid, A., & Wordwall, P. (2024). Efektivitas Penggunaan Platform Literasi Numerasi Siswa Kelas V Sd Negeri 1 Lengkong Garung. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(2), 3988–3996.

Khusna, L. (2025). Pengaruh Edugame Wordwall dalam Meningkatkan Motivasi dan Pemahaman Siswa Kelas 3 Terhadap Pembelajaran Matematika SD N Gedongkuning. 2(2), 453–461.

Lubis, A. P., & Nuriadin, I. (2022). Efektivitas Aplikasi Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6884–6892. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3400

Materi, P., & Ma, K. X. (2024). KONEKSI MATEMATIS BERBASIS KONTEKS KE-ISLAMAN.

Maulidya Baharuddin, S., Kurniawan, R., & Aisyah Mustafa, S. (2024). Analisis Permasalahan Pembelajaran Matematika di SMK Negeri 3 Majene. 2(2). https://malaqbipublisher.com/index.php/MAKSI

Nanda Putri, R., Suhendra, I., Darmansyah, & Fitria, Y. (2024). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Wordwall Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Bangun Ruang Di Sdn 12 Sungai Sapih. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 1954–1963.

Riset, J., & Pendidikan, H. (2024). Kognitif. 4(September), 1059–1070.

Syafitri, Y. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Video. 2, 26–32.

Walidah, G. N., Mudrikah, A., & Saputra, S. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN GAME EDUKASI WORDWALL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK. UJMES (Uninus Journal of Mathematics Education and Science), 7(2), 105–115. https://doi.org/10.30999/ujmes.v7i2.2140

Andiarani, M., & Nuryana, D. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa SMK Kelas X Pada Materi Persamaan Kuadrat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(6), 1785–1761.

Angger Mahardhika, A., & Nursit, I. (n.d.). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS WEBSITE WORDWALL UNTUK PESERTA DIDIK KELAS IX PADA MATERI ALJABAR.

Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Matematika Fase A - Fase F. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Riset Dan Teknologi Republik Indonesia, 11–12.

Bahri, S. (2017). Pengembangan kurikulum dasar dan tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1), 15–34.

Beljeur, W., Ardianik, & Hatip, A. (2023). The Effect of the Discovery Learning Model and Learning Independence on Mathematical Problem Solving Ability in Students. JKIP: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 3(2), 169–176.

Faridh, A., & Fahmy, R. (2019). Tesis: Kemandirian Belajar Siswa Melalui Flipped Classroom Berbasis Modul Berbantuan WhatsApp untuk Meningkatkan Literasi Matematika. Journal Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 1–190.

Habe, H., & Ahiruddin, A. (2017). Sistem Pendidikan Nasional. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis, 2(1), 39–45. https://doi.org/10.24967/ekombis.v2i1.48

Hofifah, U., & Mislan, M. (2025). Penerapan Model Game Based Learning (GBL) Berbasis Wordwall untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 116/X Lambur II. Ikhlas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 2(2), 41–56.

Julaeha, S., Mustangin, M., & Fathani, A. H. (2020). Profil Kemampuan Koneksi Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 800–810. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.300

Khasanah, F. U., Majid, A., & Wordwall, P. (2024). Efektivitas Penggunaan Platform Literasi Numerasi Siswa Kelas V Sd Negeri 1 Lengkong Garung. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(2), 3988–3996.

Khusna, L. (2025). Pengaruh Edugame Wordwall dalam Meningkatkan Motivasi dan Pemahaman Siswa Kelas 3 Terhadap Pembelajaran Matematika SD N Gedongkuning. 2(2), 453–461.

Lubis, A. P., & Nuriadin, I. (2022). Efektivitas Aplikasi Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6884–6892. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3400

Materi, P., & Ma, K. X. (2024). KONEKSI MATEMATIS BERBASIS KONTEKS KE-ISLAMAN.

Maulidya Baharuddin, S., Kurniawan, R., & Aisyah Mustafa, S. (2024). Analisis Permasalahan Pembelajaran Matematika di SMK Negeri 3 Majene. 2(2). https://malaqbipublisher.com/index.php/MAKSI

Nanda Putri, R., Suhendra, I., Darmansyah, & Fitria, Y. (2024). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Wordwall Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Bangun Ruang Di Sdn 12 Sungai Sapih. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 1954–1963.

Riset, J., & Pendidikan, H. (2024). Kognitif. 4(September), 1059–1070.

Syafitri, Y. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Video. 2, 26–32.

Walidah, G. N., Mudrikah, A., & Saputra, S. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN GAME EDUKASI WORDWALL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK. UJMES (Uninus Journal of Mathematics Education and Science), 7(2), 105–115. https://doi.org/10.30999/ujmes.v7i2.2140


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.