Mind Mapping and Accelerated Learning: Dampaknya pada Komunikasi Matematika Siswa di Materi Matriks

Salmah Ummu Ratu, Hamidah Hamidah, Jaka Wijaya Kusuma

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan efektivitas metode Mind Mapping dan metode Accelerated Learning dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa pada materi matriks. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen tipe Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas XI SMK yang masing-masing diberi perlakuan berbeda: satu kelas menggunakan metode Mind Mapping dan satu kelas lainnya menggunakan metode Accelerated Learning. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan komunikasi matematika yang terdiri dari empat indikator utama: menginterpretasi, menganalisis, mengevaluasi, dan menginferensi. Hasil analisis data menggunakan uji-t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan komunikasi matematika siswa yang belajar dengan metode Mind Mapping dan siswa yang belajar dengan metode Accelerated Learning. Dengan demikian, kedua metode memiliki kelebihan masing-masing, namun metode Accelerated Learning terbukti lebih efektif dalam konteks materi matriks dibandingkan metode Mind Mapping

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Darussalam, Jurnal, Jurnal Pendidikan, Pemikiran Hukum, Islam Vol, Terakreditasi Nasional, Creative Commons Attribution-sharealike, International License, and C. C. B. Y. Sa. 2023. “1 , 2 , 3 1.” XV(1):62–73.

Kesumaningsari, Intan, and Soffi Widyanesti Priwantoro. 2023. “Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik Kelas XI Pada Materi Matriks.” Seminar Nasional Hasil Pelaksanaan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan 1604–13.

Kustina, N. G. 2021. “ACADEMIA : Jurnal Inovasi Riset Akademik Vol 1. No 1. Agustus 2021 30.” Jurnal Inovasi Riset Akademik 1(1):30–37.

Lubis, Risa Nursamsih, Meiliasari, and Wardani Rahayu. 2023. “Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika.” Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah 7(2):23–34. doi: 10.21009/jrpms.072.03.

Murtafiah, Wasilatul, Reza Kusuma Setyansah, and Dhea Alvita Nurcahyani. 2021. “Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Menyelesaikan Circle Problem Berdasarkan Self-Confidence Siswa SMP.” Jurnal Elemen 7(1):130–45. doi: 10.29408/jel.v7i1.2785.

Noviana Desiningrum|2021. 2013. “Kata Kunci و.” Kinabalu 11(2):50–57.

Nurhasanah, Rizki Ahid, S. B. Waluya, and Iqbal Kharisudin. 2019. “Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita.” Seminar Nasional Pascasarjana 2019 (2017):769–75.

Pertiwi, Bakti, and Chandra Novtiar. 2022. “Analisis Kemampuan Penyelesaian Masalah Dan Komunikasi Matematis Soal Instrumen Relasi Dan Fungsi Pada Siswa Kelas IX Di Kabupaten Bandung.” Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif 5(1):9–22. doi: 10.22460/jpmi.v5i1.9-22.

Safitri, Laili, Puguh Darmawan, and Novi Prayekti. 2019. “Kemampuan Komunikasi Matematis Merupakan Hal Yang Penting Dalam Proses Pembelajaran . Tanpa Komunikasi Matematis Bahasan Terbaik Dalam Komunitasnya , Maka Mempunyai Kemampuan Komunikasi Mudah Dipahami Bahwa Komunikasi Merupakan Esensi Dari Mengajar , Bela.” 160–70.

Sukardi, Rahayu Humairo, and Muhammad Turhan. 2025. “Penggunaan Metode Mind Mapping Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Retensi Belajar Siswa : Kajian Literatur.” 14(1):1249–58.

Tarantein, Marselia Hellena, Carolina Selfisina Ayal, and La Moma. 2022. “Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Pada Materi Segi Empat Ditinjau Dari Gender.” Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti 3(1):28–37. doi: 10.30598/jpmunpatti.v3.i1.p28-37.

Yuniar, Rika, Ana Nurhasanah, Zerri Rahman Hakim, and Indhira Asih Vivi Yandari. 2022. “Peran Guru Dalam Pelaksanaan Model Pbl (Problem Based Learning) Sebagai Penguatan Keterampilan Berpikir Kritis.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 7(2):1134–50. doi: 10.23969/jp.v7i2.6408.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.