Pengaruh Model STAD Berbantuan Aplikasi Quiziz Terhadap komunikasi Matematis dan Pemecahan Masalah Matematis

Nuraeni Nuraeni, Hutabarat Aprilia Elisabet Tika, Hindayati Iin, Hamidah Hamidah, Jaka Wijaya Kusuma

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran STAD berbantuan aplikasi Quiziz terhadap kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain eksperimen kuasi. Populasi dalam penelitian  ini adalah siswa kelas VI MTsN 1 Serang. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa hasil pra ujian kemampuan pemecahan masalah mendapatkan skor 28 dan komunikasi mendapatkan skor 29. Hal ini belum mencapai ketuntasan. Setelah menerapkan model pembelajaran model STAD berbantuan quiziz terhadap siswa maka hasil pasca ujian kemampuan pemecahan masalah mendapatkan rata-rata skor 75 sedangkan pasca ujian kemampuan komunikasi 78. Skor rata-rata pada kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi memenuhi KKTP yaitu 75. Berdasarkan hasil uji T didapatkan bahwa terjadinya peningkatan secara signifikan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi mateamtis dengan menerapkan model STAD berbantuan quiziz. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Model STAD berbantuan quiziz dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amrah, Sahabuddin, E. S., & Atirah, R. D. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Matematika Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 24 Kalibone Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. E-Prints UNM, 3, 1–13. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18650Amrah,

Sahabuddin, E. S., & Atirah, R. D. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Matematika Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 24 Kalibone Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. E-Prints UNM, 3, 1–13. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18650

Hanggara, Y., Aisyah, S. H., & Amelia, F. (2022). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari perbedaan gender. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 189–201. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v11i2.4490

La’ia, H. T., & Harefa, D. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 463. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.463-474.2021

Maryati, I., Suzana, Y., Harefa, D., & Maulana, I. T. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Materi Aljabar Linier. Prisma, 11(1), 210. https://doi.org/10.35194/jp.v11i1.2044

Pratiwi, R. I. M., & Wiarta, I. W. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia pada Pembelajaran Matematika Kelas II SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 85–94. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32220

Purba, G. F. (2022). Implementasi Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Pada konsep Merdeka Belajar. Sepren, 4(01), 23–33. https://doi.org/10.36655/sepren.v4i01.732

Qomariyah, S., & Rosyidah, U. (2022). Kesulitan Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika Pada Mata Kuliah Analisis Real. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 396–400. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.1865

Sriwahyuni, K., & Maryati, I. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Statistika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 335–344. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1109

Tambunan, L. O. (2021). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematis Dengan Strategi Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 06(01), 108–119.

U. Hasanah, N. Fajrie, & D. Kurniati. (2023). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sd Melalui Pendidikan Matematika Realistik Berbantuan Ular Tangga. PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(2), 321–330. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v7i2.2441

Heebkaew, C., & Seehamongkon, Y. (2024). The Development of the Ability to Solve Mathematical Problems and Academic Achievement Decimal Problem of Prathomsuksa6 Students Through Cooperative Learning Management STAD and KWDL Technique. Journal of Education and Learning, 13(1), 150. https://doi.org/10.5539/jel.v13n1p150

Isna Zuhaira, & Mukhtar Mukhtar. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(4), 96–105. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i4.1012

Pasalbessy, C., Mataheru, W., & Ayal, C. S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Penalaran Matematis. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 2(1), 16–20. https://doi.org/10.30598/jumadikavol2iss1year2020page16-20

Riyadi, S., Noviartati, K., & Abidin, Z. (2021). Kemampuan komunikasi matematis tulis siswa Samin dalam memecahkan masalah geometri. Ethnomathematics Journal, 2(1), 31–37. https://doi.org/10.21831/ej.v2i1.36192

Riyanti, R., & Mardiani, D. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa antara Model Pembelajaran Course Review Horay dan STAD. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 125–134. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.883

Safriana, R., Khaulah, S., & Hayati, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Team Quiz Terhadap Kemampuan Quizizz Pada Materi Teorema Pythagoras Di Kelas Viii Smp Negeri 1 Peusangan. Untuk. 5(1), 11–19.

Saputra, J., Amalia, R. N., & Fisher, D. (2024). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Melalui Model Learning Cycle 7e Berbantuan Quizizz. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 9(1), 72–85.

Sirait, H. R., & Ginting, S. S. B. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Aplikasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar. Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1).

Ubaidah, N., Kusmaryono, I., & Prayitno, A. T. (2020). Pendekatan Steam Berbasis Quizizz Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya(KNPMP) V Universitas Muhammadiyah Surakarta, 5 Agustus 2020, 351–362. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/bitstream/handle/11617/12224/ME 27.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Widianti, E. D., Pratiwi, H. D., & Patmah, P. (2024). Analisis Indikator Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. 4(80), 331–336.

Yulianto, I., Warsono, W., Nasution, N., & Rendy A.P, D. B. (2020). The Effect of Learning Model STAD (Student Team Achievement Division) Assisted by Media Quizizz on Motivation and Learning Outcomes in Class XI Indonesian History Subjects at SMA Trimurti Surabaya. International Journal for Educational and Vocational Studies, 2(11), 923–927. https://doi.org/10.29103/ijevs.v2i11.2746


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.