Efektivitas Magic Math dengan Model RME terhadap Pemahaman dan Minat Belajar Siswa

Astuti Handayani, Junariah Junariah, Nindy Ayu Lestrari, Hamidah Hamidah, Jaka Wijaya Kusuma

Sari


Perkembangan teknologi digital membawa tantangan besar dalam pendidikan, terutama dalam meningkatkan pemahaman konsep dan minat belajar siswa. Pemanfaatan aplikasi seperti Magic Math dalam pembelajaran matematika dapat menjadi solusi efektif. Penelitian ini mengkaji penerapan model Realistic Mathematics Education (RME) dengan bantuan aplikasi Magic Math pada siswa kelas VII SMP Negeri 14 Cilegon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Magic Math dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa, dengan nilai posttest kelas eksperimen rata-rata 69,26 dan kelas kontrol 77,80. Dengan standar deviasi masing-masing 12,083 dan 16,214, hasil ini menunjukkan bahwa aplikasi tersebut efektif dalam pembelajaran matematika

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustina, Y., Mutaqin, E. J., & Nurjamaludin, M. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION ( RME ) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI caXra : Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. 02(02), 142–149.

Buchori, A. (2023). Developing Magic Book Math Media Based on Augmented Reality : Expert Validity Analysis.

Hermaini, J., & Nurdin, E. (2020). Bagaimana Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dari Perspektif Minat Belajar? JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(2), 141. https://doi.org/10.24014/juring.v3i2.9597

Hidayat, E. I. F., Yandhari, I. A. V., & Alamsyah, T. P. (2020). Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas V. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 106–113.

Hidayati, R., Triyanto, M., Sulastri, A., & Husni, M. (2022). Faktor penyebab menurunnya motivasi belajar siswa kelas IV SDN 1 Peresak. Jurnal Educatio Fkip Unma, 8(3), 1153–1160.

Kania, N., & Arifin, Z. (2020). Aplikasi Macromedia flash untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 96–109.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.

KURNIAWAN, A. D. E., JULIANGKARY, E., ABIDIN, Z., PUJILESTARI, P., & YULIYANTI, S. R. I. (2021). PELATIHAN PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BAGI GURU DI KABUPATEN SUMBAWA. COMMUNITY: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 32–35.

Nurhaeda, P. (2022). THE EFFECTIVENESS OF SOCRATIC BY GOOGLE APPLICATION USAGE ON MATHEMATICS LEARNING AT GRADE VIII STUDENTS OF SMP NEGERI 2 PAREPARE. 4(2), 83–88.

Sari, P. P., & Mz, Z. A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa ( LKS ) Berbasis Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education ( RME ) Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. 2(1), 269–276.

Shofiah, N. F., Purwaningrum, J. P., & Fakhriyah, F. (2021). EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN.

Smaldino, P. E. (2020). How to translate a verbal theory into a formal model. Social Psychology.

Sucianingtyas, R., Falistya, L. R., Pujiana, S., & Prayogi, A. (2025). Telaah Ragam Artificial Inteligence ( AI ) Dalam Pendidikan. 3(2), 232–243.

Sulistyowati, E., & Diawanto, F. (2022). Efektivitas Penggunaan Metode Flipped Classroom Berbantuan Aplikasi Sevima Edlink. Equilibria Pendidikan : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 7(2), 31–38. https://doi.org/10.26877/ep.v7i2.13765

Yulianty, N. (2019). Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 60–65.

Pasangka, I. G., Pahnael, J. R., Putra, G. L., & Sugi, Y. (2020). Learning Algebra through Mathmagic and Geometry by using Animations. Mattawang: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 85–94.

Zirhannudin, M., Sukoriyanto, S., & Wibisono, A. B. (2024). RANCANG BANGUN MATH MAGIC MEDIA AJAR MATEMATIKA INTERAKTIF BERBASIS GOOGLE SITES PADA MATERI PERBANDINGAN. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya, 4(6), 3.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.