Efektivitas Discovery Learning Berbantuan LKPD Interaktif: Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat Belajar

Destriana Syavina, Safitri Rahma Violin, Fadilah Fadilah, Hamidah Hamidah, Jaka Wijaya Kusuma

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Discovery Learning berbantuan LKPD Interaktif dalam meningkatkan pemahaman konsep dan minat belajar siswa kelas X.6 SMA Negeri 1 Ciruas pada materi trigonometri. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan meliputi observasi, tes tertulis, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata nilai pemahaman konsep dari 65,2 (awal) menjadi 82,9 (siklus II), serta peningkatan jumlah siswa yang mencapai KKM dari 31,8% menjadi 86,4%. Selain itu, rata-rata skor minat belajar siswa meningkat dari 62,5 menjadi 85,2, dengan kategori "Sangat Baik". Penerapan model ini terbukti membuat pembelajaran lebih aktif, menyenangkan, dan bermakna. Dengan demikian, Discovery Learning berbantuan LKPD Interaktif efektif digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan minat belajar siswa SMA

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdullah, N., & Putra, H. D. (2024). Desain Lembar Kerja Peserta Didik dengan Pendekatan Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 8(2), 235–252. https://doi.org/10.35706/sjme.v8i2.11382

Annisa Rahmawati, Fauzan, A., & Khairi, A. U. (2025). Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Model Discovery Learning pada Materi Teorema Pythagoras Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 41–60.

Aprilia, R., Nursit, I., & Ilmi, Y. I. N. (2024). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA LIVEWORKSHEET TERHADAP PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII MATERI RELASI DAN FUNGSI. 19(9), 1–12.

Asih, & Imami, A. I. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa Smp Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 799–808. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.799-808

Costadena, M. P., & Suniasih, N. W. (2022). E-LKPD Interaktif Berbasis Discovery Learning pada Muatan IPA Materi Ekosistem. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 180–190. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.45848

Dafira, I. S., & Widodo, W. (2021). Efektivitas Model Discovery Learning Berbasis Digital Terhadap Pemahaman Konsep Materi Sistem Pencernaan. Pensa E-Jurnal, 9(2), 182–187.

Fadila, A., Kurniawan, E., & Mujib. (2023). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis: Pengaruh Model Pembelajaran MURDER Berbantuan Ice Breaking Ditinjau Pada Minat Belajar Siswa. Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 226–233. https://doi.org/10.33752/cartesian.v2i2.2514

Hatip, A., & Setiawan, W. (2021). Teori kognitif bruner dalam pembelajaran matematika. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 87–97.

Kholifah, N., Yuliant, D., Firdaus, R., & Rohman, F. (2024). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK DIGITAL BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS V SD. 18(4), 3063–3078.

Kusuma, J. W., & Hamidah, H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS dan Cooperative Script terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 62–67.

Maufiroh, E., & Pratama, L. D. (2024). Pengaruh model discovery learning dan think pair share ( TPS ) terhadap pemecahan masalah dan minat belajar matematika. 2(1), 12–21.

Musa, R. N., Monoarfa, J. F., & Regar, V. E. (2024). Pemahaman Konsep Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Barisan dan Deret Kelas X. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 1040–1048. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i2.3031

Ni Made Sinta Suwastini, Anak Agung Gede Agung, & I Wayan Sujana. (2022). LKPD sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik dalam Muatan IPA Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 311–320. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.48304

NURMA LINDA LESTARI. (2020). Pengaruh model pembelajaran flipped classroom berbantuan media audio visual untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan minat belajar peserta didik. 2507(February), 1–9.

Prihandono, T., Supriyono, A., Mailina, I. L., & Ernasari, E. (2023). Penerapan E-LKPD Interaktif Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Liveworksheets untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pembelajaran Fisika, 12(3), 114. https://doi.org/10.19184/jpf.v12i3.43462

Setyaningrum, V. F., Hendikawati, P., & Nugroho, S. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep dan Kerja Sama Siswa Kelas X Melalui Model Discovery Learning. Prisma, 1, 810–813.

Shaffitri, N., Siagian, T. A., Yensy, N. A., Utari, T., & Agustinsa, R. (2022). Efektivitas Penggunaan Lkpd Discovery Learning Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 6(3), 351–361. https://doi.org/10.33369/jp2ms.6.3.351-361

Sihombing, S., Silalahi, H. R., Sitinjak, J. R., & Tambunan, H. (2021). Analisis Minat dan Motivasi Belajar, Pemahaman Konsep dan Kreativitas Siswa terhadap Hasil Belajar Selama Pembelajaran dalam Jaringan. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 4(1), 41–55. https://doi.org/10.31539/judika.v4i1.2061

Suwartina, S. (2023). Kesalahan Siswa Ditinjau Berdasarkan Indikator Pemahaman Konsep Matematis Pada Siswa Kelas Xi Ips. Jurnal Lemma, 10(1), 117–125. https://doi.org/10.22202/jl.2023.v9i2.6058

Untarti, R., & Sayidan, A. F. (2022). Koneksi Matematis Dan Minat Belajar Matematika. Jurnal Math-UMB.EDU, 9(3), 128–141. https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v9i3.3446


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.