Analisis Kontribusi Pekerjaan Orang Tua, Minat Membaca Dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika Di Mts Islamiyah Ciomas

Fina Nurhaniyah, Zulfa Arsita Aulia, Jaka Wijaya Kusuma, Hamidah Hamidah

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kontribusi pekerjaan orang tua, minat membaca, dan gaya belajar siswa terhadap pembelajaran matematika. Penelitian menggunakan metode studi pustaka dengan menelaah sepuluh artikel dari jurnal nasional yang relevan serta didukung oleh data primer dari hasil angket siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa perhatian dan dukungan orang tua, meskipun tidak selalu signifikan secara statistik, tetap memberikan pengaruh positif terhadap kesiapan belajar siswa. Minat membaca terbukti sebagai faktor dominan yang secara konsisten berkorelasi positif dengan prestasi belajar matematika. Gaya belajar siswa juga berkontribusi terhadap keberhasilan belajar, terutama ketika metode pembelajaran disesuaikan dengan preferensi masing-masing siswa. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya sinergi antara peran orang tua, penguatan literasi baca, dan pendekatan belajar yang adaptif dalam mendukung hasil belajar matematika yang optimal

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andriani, M., Kadir, & Salim. (2024). Gaya Belajar Siswa : Efeknya terhadap Hasil Belajar Matematika (Student Learning Styles: Effects on Mathematics Learning Outcomes). Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 21–33. https://doi.org/10.36709/jpm.v15i1.195

Budiarti, I., & Jabar, A. (t.t.). PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 2 BANJARMASIN TAHUN AJARAN 2015/2016. Dalam Jurnal Pendidikan Matematika (Vol. 2, Nomor 3).

Dwi, P. . N. . W. (2021). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Baitul Qur’an Ponjong di Masa Pandemi Covid-19. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Febriana, V. D., Cahya Ningrum, R., Thooriq, M., Aziz, A., Barra, D., Pradja, P., Muhammadiyah, U., & Vica, T. D. (2020). PENGARUH GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DALAM MATERI HIMPUNAN. Dalam Jurnal Pendidikan dan Dakwah (Vol. 2, Nomor 3). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa

Isnalda, E., Rusdi, Aniswita, & Rahmat, T. (2022). Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Pendidikan Konseling, 4, 8103–8112.

Melani, K., Rahmi, D., Kurniati, A., Yuniati, S., Belajar, H., & Orang Tua, P. (2024). SYSTEMATIC LITERATURE RIVIEW : PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Dalam Journal of Primary Education (Vol. 3, Nomor 1).

Muminu, Supandi, & Setyawati, R. D. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN SISWA BERPIKIR KREATIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(3).

Safitri, & Nurhayati. (2018). Studi Pustaka: Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Sekolah. Jounal of Education Review and Reasearch, 1, 64–67.

Saputri, F. (2017). Hubungan Minat Membaca dan Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2).

Simamora, R., & Maria Rosmauli Marbun, Y. (2022). KONTRIBUSI DUKUNGAN ORANG TUA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP. Dalam Journal of Mathematics Education and Science (Vol. 7, Nomor 2).

Syaifullahs ali, M., Muthmainnah Yusuf, S., Kurniaty Rukman, N., Matematika, P., Keguruan dan Ilmu Pendidikan, F., & Muhammadiyah Kupang, U. (2024). PERAN DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN DAMPAKNYA PADA HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP. 5(1), 2024.

Syawahid, M., & Putrawangsa, S. (2017). Kemampuan literasi matematika siswa SMP ditinjau dari gaya belajar. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(2), 222–240. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i2.121


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.