Analisis Masalah Dalam Pembelajaran Aritmatika Sosial Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Di Mts Nurul Falah

Alfinah Syahidah, Mutohharoh Mutohharoh, Jaka Wijaya Kusuma, Hamidah Hamidah

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk untuk menganalisis masalah dalam pembelajaran aritmatika sosial. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Populasi penelitian melibatkan siswa kelas VII di MTs Nurul Falah Sabrang, yang terdiri dari 26 siswa dengan komposisi 12 laki-laki dan 14 perempuan. Data dikumpulkan melalui observasi pembelajaran, melalui tes latihan yang digunakan untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih rendahnya minat dan motivasi siswa terhadap pembelajaran matematika, khusunya materi aritmatika sosial, rendahnya kemampuan siswa dalam perhitungan dasar matematika, serta masih ada siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep dasar materi aritmatika sosial. Maka dapat disimpulkan bahwa masalah dalam pembelajaran aritmatika sosial ini disebakan oleh siswa yang kesulitan memahami materi yang disampaikan, atau kurangnya minat belajar siswa terhadap pembelajaran matematika, kurangnya interaksi sosial dan kolaborasi antar siswa selama proses belajar, Siswa juga kesulitan dalam memecahkan masalah dalam soal, serta siswa kesulitan dalam mendekati soal, mengubah masalah kedalam pemodelan matematika dan langkah-langkah penyelesaian

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


La`ia, H. T., Sarumaha, A., & Tafonao, A. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL KELAS VII SMP NEGERI 1LUAHAGUNDREMANIAMOLO TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021. Jurnal Education and developmentInstitut Pendidikan Tapanuli Selatan, 588-595.

Astuti, M., Handayani, T., & Ardilah, N. (2019). Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Munawariyah Palembang. Jurnal Ilmiah PGMI, 5-18.

Cockcroft, W. (1982). Mathematics counts: Report of the committee of Inquiry into the Teaching of Mathematics in Schools. Her Majesty"s Stationery Office.

Dila, O., & Zanthy, L. (2020). IDENTIFIKASI KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL ARITMATIKA SOSIAL. Teorema, 17-26.

Hendra, H. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA Sman Negeri 1 Bangkinangg melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad. Jurnal Pendidikan Matematika, 29-41.

Kemendikbud, K. K. (2017). Silabus Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs Kelas VII-IX. Jakarta: Balitbang Kemendikbud.

Muliani, R. D., & Arusman. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. urnal Riset dan Pengabdian Masyarakat, 133-139.

Nuraeni, R., Ardiansyah, S., & Zanthy, L. (2020). Permasalahan Matematika Aritmatika Sosial Dalam Bentuk Cerita: Bagaimana Deskripsi Kesalahan-kesalahan Jawaban Siswa? Teorema: Teori Dan Riset Matematika. Jurnal Ilmiah, 61-68.

Polya, G. (1957). How to Solve It. New York: Doubleda.

Santoso, N., Susanto, H., & Meifani, N. (2020). Analisis Miskonsepi Siswa dalam Penyelesaian Soal Aritmatika Sosial .

Sarumaha, A., & Tafonao, A. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MATERI ARIMETIKA SOSIAL KELAS VII SMP NEGERI 1 LUAHAGUNDRE MANIAMOLO TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021.

Sofiyah, Khotna, Namira, Ikrima, Nasution, Ade Maulina, & et al. (2024). PENTINGNYA PEMBELAJARAN PERKALIAN DAN PEMBAGIAN DI SEKOLAH DASAR.

Subaidah, & Nurhayanti, N. (2022). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL SMP MUHAMMADIYAH 02 BALONGPANGGANG. 50-63.

Wijaya, A., Rohaeti, E., & Prabawanto, S. (2016). Analisis Kesulitan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1-10.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.