Analisis Kebiasaan Membaca Dan Minat Belajar Matematika Di Kelas Vii Mts Islamiyah Ciomas
Sari
Artikel ini mengkaji tentang kebiasaan membaca dan minat belajar matematika pada siswa kelas VII MTs Islamiyah Ciomas. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka (literature review) dengan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket kepada 19 siswa sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukan bahwa 17 dari 19 siswa memiliki kebiasaan membaca yang baik. Kebiasaan membaca yang positif berkontribusi terhadap peningkatan motivasi dan minat siswa dalam mempelajari matematika. Aktivitas membaca tidak hanya membantu meningkatkan kemampuan literasi dan berpikir kritis, tetapi juga memperkuat pemahaman konsep-konsep matematika yang bersifat abstrak. Meskipun demikian, masih terdapat tantangan seperti keterbatasan akses bahan bacaan yang menarik dan pengaruh teknologi digital. Sebagai solusi, penggunaan media visual disarankan untuk meningkatkan ketertarikan dan pemahaman siswa terhadap pembelajaran matematika. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kebiasaan membaca yang baik memiliki peran penting dalam membentuk minat dan prestasi belajar matematika siswa
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Hiqwan, I. A. ((2023)). Pengaruh minat dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika. Diambil kembali dari Journal of classroom Action Research, 5(3), 86-91: https://doi.org/10.29303/jcar.v5i3.5103
Siagan, R. F. (t.thn.). Pengaruh minat dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Diambil kembali dari Jurnal Foematif 2(2), 122-131: https://ejurnal.upi.edu/index.php/formatif
Siregar, N. &. (2025). Analisis tentang kebiasaan membaca pada siswa di SMP Negeri 01 Surabaya.. Diambil kembali dari JIIC:Jurnal Intelek Intan Cendekia, 2(4), 6535-6539: https://jicnusantara.com/index.php/jiic
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.