Analisis Sistematis Literatur Tentang Gaya Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Di Ma Darul Irfan Serang-Banten

Salwa Nur Azizah, Yuke Andriani, Jaka Wijaya Kusuma, Hamidah Hamidah

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literatur review tentang gaya belajar siswa dalam pembelajaran matematika di MA Darul Irfan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah SLR (Systematic Literature Review). Pengumpulan data dilakukan dengan mengidentifikasi atau menelaah semua artikel yang memiliki topik penelitian yang sama pada penelitian ini. Artikel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 8 artikel jurnal yang diperoleh database google scholar. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa banyak faktor yang dapat mempengaruhi gaya belajar seseorang khususnya pada pembelajaran matematika. Kemampuan representasi matematis siswa terhadap gaya belajar diperoleh informasi bahwasannya ditemukan bentuk gaya belajar pada artikel yang dikumpulkan yang berfokus pada gaya belajar dan strateginya. Yang dalam hal ini hanya mengambil pada gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik. Hasil dari penelitian ini diharapkan akan memberi manfaat bagi pembelajaran dan digunakan sebagai contoh penggunaan berbagai konsep matematika disekitar kita

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Breen, S., Cleary, J., & Shea, A. O. (n.d.). An Investigation of The Mathematical Literacy of First Year Third Level Students in The Republic of Ireland an Investigation of The Mathematical Literacy of First Year Third Level Students in The Republic of Ireland.

Genc, M., Erbas, A. K., Mathematics, A. K. S., & Conceptions, T. (2019). Secondary

Mathematics Teachers’ Conceptions of Mathematical Literacy To cite this article:

Secondary Mathematics Teachers’ Conceptions of Mathematical Literacy.

Hanggara, G. S. (2021). Bimbingan dan konseling belajar : teori dan aplikasinya. Bandung: Penerbit Media Sains Indonesia.

Nasrul, N., Rahim, S., Irayasa, K., dkk. (2025). Gaya Belajar VARK (Visual, Auditory, Reading/Writing, Kinesthetic): Strategi Diferensiasi Pembelajaran Geografi.

Rifky, A. (2024). Peran Gaya Belajar dalam Proses Pembelajaran Efektif.

https://www.kompasiana.com/ahmadrifky1231239/670e2b1fc925c4715e0f6c32/peran -gaya-belajar-dalam-proses-pembelajaran-efektif?page=3&page_images=1 diakses pada tanggal 19 April 2025 pukul 01.34

Suci, I. G. S., Indrawan, I., Wijoyo, H., & Kurniawan, F. (2020). Transformasi digital dan gaya belajar. Banyumas : CV. Pena Persada.

Triandini, E., dkk. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems (IJIS), 1(2), 63-77

Waryani. (2021). Dinamika Kinerja Guru Dan Gaya Belajar Konsep dan Implementasi Terhadap Prestasi Belajar. Inramayu: Penerbit Adab.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.