Analisis Literasi Matematis Siswa pada Konsep Geometri Berdasarkan Kesenian Gamelan Jawa

Eli Maryatun, Elena Rachelita Sitio, Ihwan Zulkarnain

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat literasi matematis siswa dalam memahami konsep geometri melalui pendekatan etnomatematika bidang kesenian gamelan Jawa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik triangulasi sebagai validasi data. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP PGRI 3 Jakarta yang diklasifikasikan berdasarkan tingkat pemahaman literasi matematis (tinggi, sedang, dan rendah). Teknik pengumpulan data meliputi observasi, angket literasi, soal uraian, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dalam kategori literasi matematis rendah mendapatkan 55,88%, kategori sedang mendapatkan 38,23%, dan kategori tinggi mendapatkan 5,88%. Siswa dengan kemampuan awal tinggi mampu menginterpretasikan informasi kontekstual menjadi model matematis secara tepat, siswa dengan kemampuan sedang mampu mengunakan konsep dan prosedur matematika dengan baik, dansiswa dengan kemampuan rendah mengalami kesulitan dalam menghubungkan representasi verbal ke bentuk visual maupun simbolik matematis. Integrasi gamelan Jawa dalam pembelajaran terbukti mampu meningkatkan partisipasi siswa dan memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna. Pembelajaran berbasis budaya memiliki potensi sebagai strategi inovatif dalam literasi siswa.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alghar, M. Z., & Zulkarnain, I. (2024). Etnomatematika: Eksplorasi Konsep Matematika Pada Pintu Kantor Koneng Keraton Sumenep. Prosiding Mahasaraswati Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 3(1), 228–242.

Arts, I. T. W. (2023). Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Konstruksi Identitas Lokal Dalam Kesenian Wayang Thimplong.

Atikah, H. F., Sarifah, I., & Yudha, C. B. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Dalam Pandangan PISA 2022. Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(2), 152–161.

Fauzi, I., & Arisetyawan, A. (2020). Analisis kesulitan belajar siswa pada materi geometri di sekolah dasar. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 27–35.

Hikmayani, J., Tahir, M., & Rosyidah, A. N. K. (2023). Analisis kemampuan pemahaman konsep geometri siswa kelas IV menurut teori van hiele di SDN 06 cakranegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 133–141.

Kusumawardani, D. R., Wardono, W., & Kartono, K. (2018). Pentingnya penalaran matematika dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika. Prisma, prosiding seminar nasional matematika, 1, 588–595.

Lutfiyana, L., Dwijayanti, I., & Pramasdyahsari, A. S. (2021). Kemampuan literasi matematika dalam penyelesaian masalah aturan sinus dan kosinus ditinjau dari pemahaman konsep. Jurnal Gantang, 6(2), 151–162.

Maryati, I., & Priatna, N. (2018). Analisis kemampuan literasi statistis siswa Madrasah Tsanawiyah dalam materi statistika. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(2), 205–212.

Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis kemampuan literasi matematis siswa melalui soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291–300.

Rafiah, H., Agustina, R. L., Arifin, J., & Kasmilawati, I. (2023). Pembelajaran berbasis etnomatematika di sekolah dasar melalui permainan tradisional. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 14(2), 103–109.

Rismawati, R., Suhendri, H., & Zulkarnain, I. (2019). Pengembangan Desain Pembelajaran Matematika Kelas V SD Berbasis Etnomatematika. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 4(2), 230–250.

Ritonga, E. D. S., & Hasibuan, L. R. (2022). Analisis Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran Matematika Materi Teorema Pythagoras Ditinjau dari Minat Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Rantau Utara. Jurnal Cendekia, 6(2), 1449–1460.

Selan, M., Daniel, F., & Babys, U. (2020). Analisis kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal pisa konten change and relationship. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(2), 335–344.

Situmorang, E. M., Simanungkalit, G. C. L., Simanjorang, G. D., Mailani, E., & Rarastika, N. (2025). Pembelajaran Matematika SD Berbasis Etnomatematika: Keliling dan Luas dalam Budaya Lokal. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 3(1), 154–158.

Sumantri, G., & Sari, A. F. K. (2022). Eksplorasi etnomatematika pada Gamelan Jawa sebagai media belajar matematika. Prosiding Seminar Pendidikan Matematika dan Matematika, 5.

Supriyono, S., Purwaningsih, W. I., & Saputra, A. F. (2021). Etnomatematika Pada Alat Musik Gamelan Jawa. Math Educa Journal, 5(2), 135–142.

Susanto, S., & Mahmudi, A. (2021). Tahap berpikir geometri siswa SMP berdasarkan teori Van Hiele ditinjau dari keterampilan geometri. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 8(1), 106–116.

Susilowati, E. (2022). Implementasi kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 1(1), 115–132.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.