Pembelajaran Kimia dengan Proyek Berorientasi Kearifan Lokal pada Materi Kimia Lingkungan

Anik Pujiati, Kristiyanto Kristiyanto, Retariandalas Retariandalas

Sari


Pembelajaran kimia, sebagai bagian dari sains, perlu dikembangkan dengan pendekatan yang lebih kontekstual dan bermakna, sehingga mampu menghubungkan konsep-konsep abstrak dengan realitas lingkungan sekitar. Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran kimia dengan pendekatan pembelajaran berbasis proyek berorientasi kearifan lokal pada materi kimia lingkungan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dari data kesadaran lingkungan, evaluasi hasil belajar dan penilaian produk kelompok serta respon terhadap pembelajaran. Subyek penelitian 24 mahasiswa program studi pendidikan matematika yang mengambil mata kuliah Kimia Lanjut. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner untuk kesadaran lingkungan dan respon terhadap pembelajaran, tes untuk hasil belajar dan rubrik untuk penilaian produk. yang merupakan data kesadaran lingkungan dan respon terhadap pembelajaran. Hasil penelitian diperoleh rata-rata untuk kesadaran lingkungan 86 (baik), rata-rata hasil belajar 82 (baik), rata-rata nilai produk 85 (baik), sedangkan untuk respon pembelajaran 95% mahasiswa sangat setuju dengan pendekatan proyek membuat poster pada materi Kimia Lingkungan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aliefyan, R., & Tri, A. (2014). Keefektifan Strategi Project Based Learning Berbantuan Modul Pada Hasil Belajar Kimia Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 8(2), 1360–1369.

Arrozaqu, A. J., & Setiawan, B. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Zat Aditif. PENDIPA Journal of Science Education. 6(3), 674–681.

Ayu, I. G., Kade, N., Suastra, I. W., Bagus, I., & Arnyana, P. (2024). Integrasi Etnopedagogi dalam Pembelajaran IPA untuk Memperkaya Pemahaman Budaya dan Sains. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan. 6(6), 6507–6518.

Bidahyani, R. Y., Utami, S. D., & Dewi, I. N. (2024). Efektivitas Model Problem Based Learning ( PBL ) Berorientasi Kearifan Lokal Pada Materi Keanekaragaman Hayati Terhadap Literasi Lingkungan Siswa. Empiricism Journal. 5(2), 509–518.

Fatkhiyani, K., & Lokal, K. (2018). Pembelajaran Kimia Berbasis Proyek Bermuatan Kearifan Lokal Terintegrasi Pendidikan Karakter. Gema Wiralodra. 9(2), 240–248.

Muliaman & Mellyzar (2020). Peningkatan Hasil Belajarmenggunakanmodel Project Based Learning Padamateri Laju Reaksi.Chemistry in Education. 9(2252), 1–4.

Rahayu, A. S., Sutarno, J., (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Konsep Laju Reaksi dengan Model Discovery PjBL Berbasis STEM di SMAN 1 Lemahabang Cirebon. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains ( JPFS ). 4, 17–23.

Saputri A. & Desstya (2023). Implementasi Pembelajaran Ipa Sekolah Dasar Berbasis Kearifan

Lokal Di Kabupaten Sragen. ELSE ( Elementary School Education. 1–8.

https://doi.org/10.30651/else.v7i2.18280

Slavin, R. E. (2011). Educational psychology: Theory and practice (10th ed.). Boston: Pearson.

Suhanda & Suryato (2018), Penerapan Pembelajaran Kimia Berbasis Proyek UntukMeningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X Sma Negeri 2 Purworejo. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 12, No. 2, 2018, 2137 – 2148.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.