Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika TIMSS pada Materi Matriks berdasarkan Self-efficacy

Lisnasari Andi Mattoliang, Nurfadillah Nurfadillah, Nurul Khofifah Amran, Aulia'ur Rahmaniyah, A. Safwan Ibrahim Haz

Sari


Literasi matematika diperlukan siswa untuk menyelesaikan soal kontekstual seperti TIMSS, namun masih banyak yang kesulitan, khususnya pada materi matriks. Salah satu faktor yang memengaruhi adalah tingkat self-efficacy. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal TIMSS pada materi matriks ditinjau dari tingkat self-efficacy. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek tiga siswa kelas XI SMAN 14 Gowa yang dipilih secara purposive. Instrumen yang digunakan adalah tes, angket, dan wawancara. Hasil menunjukkan bahwa siswa dengan self-efficacy tinggi mampu memahami soal, menerapkan prosedur, dan menalar dengan baik. Siswa dengan self-efficacy sedang memahami soal, namun masih keliru dalam prosedur. Siswa dengan self-efficacy rendah kesulitan sejak awal hingga tahap penalaran. Sebagai kesimpulan, self-efficacy memengaruhi kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal literasi matematika TIMSS.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Almadani, C. M., & Wulandari, R. (2024). Analisis Kesulitan Siswa Kelas 5 Sdn Pucangtelu Dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematis. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(2), 2808–2827. https://doi.org/10.62281/v2i2.189

Ananda, E. R., & Wandini, R. R. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Ditinjau dari Self Efficacy Siswa. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5113–5126. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2659

Anjarrani, G., & Kurniasih, M. D. (2023a). ANALISIS KESULITAN SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL LITERASI MATEMATIKA BERDASARKAN SELF EFFICACY SISWA. JPM: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 132–142.

Anjarrani, G., & Kurniasih, M. D. (2023b). Analisis membantu Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika Berdasarkan Self Efficacy Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 132–142.

Aziziyah, M., Quthny, A., & Lestari, W. (2022). Analisis Kesulitan Siswa MA Dalam Menyelesaikan Soal AKM Berdasarkan Self-Efficacy Siswa.

Baihaki, Maknun, L., & Nurmeidina, R. (2022). SELF-EFFICACY SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SECARA DARING DI MA MIFTAHUL ’ULUM TUYAU. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1–9.

Drajat, W. R., & Dasari, D. (2023). Korelasi Antara Self Efficacy Literasi Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 28705–28716.

Fitriyah, E., Zuhri, M. S., & Ariyanto, L. (2022). Profil Kemampuan Multi Representasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Terbuka Matematika Ditinjau Dari Self-Efficacy. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(6), 510–518. https://doi.org/10.26877/imajiner.v4i6.12584

Geraldine, M., & Wijayanti, P. (2022). Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Change and Relationship Ditinjau dari Self Efficacy. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 5(2), 82–102. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v5n2.p82-102

Hasanah, M., & Hakim, D. L. (2022). Kemampuan Literasi Matematis Pada Soal Matematika PISA Konten Quantity dan Konten Change and Relationship. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 5(2), 157. https://doi.org/10.24014/juring.v5i2.13785

Khairunnisa, A., Juandi, D., & Gozali, S. M. (2022). Systematic Literature Review: Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1846–1856. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1405

Malanua, M. K., Pomalato, S. W. D., & Damayanti, T. (2024). Kemampuan Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aljabar Ditinjau dari Self Efficacy Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 10(1), 1–20.

Mboeik, V. (2023). Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Citra Pendidikan, 3(1), 781–788. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i1.1421

Muhazir, A., Hidayati, K., & Retnawati, H. (2021). Literasi matematis dan self-efficacy siswa ditinjau dari perbedaan kebijakan sistem zonasi. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 227–245. https://doi.org/10.21831/pg.v15i2.36255

Novalita, D., Kamid, K., & Haryanto, H. (2022). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Teori Pemrosesan Informasi Ditinjau Dari Gaya Kognitif. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 752. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4632

OECD. (2022). Pisa 2022 Mathematics Framework (Draft). OECD Publishing, November 2018.

Pratiwi, A. F., & Imami, A. I. (2022). Analisis self-efficacy dalam pembelajaran matematika pada siswa smp A . Pendahuluan Matematika yaitu salah satu pelajaran yang memiliki peranan penting dalam perkembangan daya pikir manusia . Menurut Santiana ., et al ( 2020 ) Matematika adalah ilmu unive. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 13(3), 403–410.

Purnomo, J. T., Hidayat, E., & Mulyani, E. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika Materi Statistika Berdasarkan Prosedur Newman. Jurnal Kongruen, 1(04), 348–358. https://doi.org/10.61683/jome.v1i02.64

Sargaling, Y. yanita, Wondo, M. T. S., & Seto, S. B. (2022). Penerapan Pembelajaran Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa. Jupika: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 82–89. https://doi.org/10.37478/jupika.v5i2.2064

Surtinah, S., Ruswana, A. M., & Solihah, S. (2022). Analisis Kesulitan Memahami Konsep Matematis Siswa Smp Ditinjau Dari Kemampuan Self-Efficacy Siswa. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 3(1), 61. https://doi.org/10.25157/j-kip.v3i1.6360

Yusmarina, H. R., Hidayanto, E., & Susiswo, S. (2023). Literasi Matematis Siswa Bergaya Kognitif Impulsif Dalam Menyelesaikan Masalah Model Pisa Ditinjau Dari Gender. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(3), 3101. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.7559


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.