Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika TIMSS Berdasarkan Teori Nolting

Andi Kusumayanti, Nur Khalisah, Shahriani S, Alan uari

Sari


Studi TIMSS menunjukkan rendahnya literasi matematika siswa Indonesia, sehingga diperlukan penelitian untuk mengidentifikasi kesalahan umum dalam menyelesaikan soal. Penelitian ini bertujuan mengkaji jenis dan penyebab kesalahan siswa dalam soal literasi matematika TIMSS materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) berdasarkan teori Nolting. Penelitian deskriptif kualitatif ini melibatkan 30 siswa kelas VIII K SMP Negeri 3 Sungguminasa, dengan tiga subjek utama dipilih berdasarkan kategori kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Data dikumpulkan melalui tes uraian, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan jenis dan proporsi kesalahan antar kategori kemampuan berdasarkan teori Nolting. Siswa kemampuan tinggi melakukan minim kesalahan: careless errors (Ca), akibat kurang fokus. Siswa kemampuan sedang melakukan tiga jenis kesalahan: misread directions errors (Mi), careless crrors (Ca), dan test taking errors (Te) akibat lupa komponen soal, terburu-buru, dan manajemen waktu yang kurang baik. Siswa kemampuan rendah melakukan empat kesalahan: misread directions errors (Mi), careless crrors (Ca), concept errors (Co) dan test taking errors (Te), yang disebabkan kurang teliti, bingung dalam operasi bilangan, tidak memahami konsep,dan manajemen waktu yang kurang baik.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aziza, M., & Eratika, E. (2022). Newman’s Error Analysis: The Errors of 4th Grade Students in Solving TIMSS Problems. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 5(2), 123. https://doi.org/10.21043/jpmk.v5i2.16618

Azizah, L., & Khoiri, M. (2022). Student Errors Analysis on the Subject of Class VII Algebraic Form Based on Nolting’s Theory. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 5(1), 78–96. https://doi.org/10.30762/f_m.v5i1.578

Bahri, S. A., Badawi, B., Hasan, M., Arifudin, O., Fitriana, I. P. A. D., Arfah, A., Rambe, P., Saputri, A. N. C., Lestariningrum, A. I. P., Larasati, R. A., Panma, Y., Clara, H., & Irwanto, I. (2021). Pengantar Penelitian Pendidikan: Sebuah Tinjauan Teori dan Praktis. In Pertambangan (Vol. 1). Penerbit Widina Bhakti Persada Bandung.

Damayanti, & Prasetyono, H. (2021). Analisis Kesalahan Representasi Matematis Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Dariabel Derdasarkan Teori Nolting. CENDEKIA : Jurnal Ilmu Pengetahuan, 4(4).

Fathiyati, F. (2023). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Masalah Kontekstual Menggunakan Teori Nolting Ditinjau dari Kemampuan Matematis Siswa. Universitas PGRI Semarang.

Khairunnisa, A., Juandi, D., & Gozali, S. M. (2022). Systematic Literature Review: Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1846–1856. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1405

Luna, S., Liana, M., & Azmi, R. D. (2024). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Teori Nolting dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika Ditinjau dari Gaya Golb. SIGMA : Jurnal Pendidikan Matematika, 16(2), 269–283. https://doi.org/10.26618/sigma.v16i2.15316 269

OECD. (2019). Learning Mathematics for Life a View Perspective from PISA. In OECD Publishing. OECD Publishing.

Purnomo, J. T., Hidayat, E., & Mulyani, E. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika Berdasarkan Prosedur Newman. Jurnal Kongruen, 1(4), 348–358.

Safitri, N. K., Wulandari, I. G. A. P. A., & Putri, G. A. M. A. (2023a). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Tipe Hots Materi Aljabar Berdasarkan Teori Nolting. Jurnal Santiaji Pendidikan, 13(1). https://doi.org/10.36733/jsp.v13i1.6010

Safitri, N. K., Wulandari, I. G. A. P. A., & Putri, G. A. M. A. (2023b). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Tipe Hots Materi Aljabar Berdasarkan Teori Nolting. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 13(1), 8–20. https://doi.org/10.36733/jsp.v13i1.6010

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (19th ed.). Alfabeta.

Suharti, Khatima.H, H., Rusnah, Santi Wirda, K., & Alamsyah, M. R. (2024). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika Berdasarkan Prosedur Newman. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 527–534.

Sulasdini, W. I., Kartono, S., Masrukan, K., Dewi, M. R., & Susilo, N. R. (2023). Ragam Kesalahan Menyelesaikan Soal Literasi Numerasi pada Siswa SMA Berdisposisi Matematis Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 033, 913–919. http://pps.unnes.ac.id/pps2/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes

Ulpa, F., Marifah, S., Maharani, S. A., & Ratnaningsih, N. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kontekstual pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Teori Nolting. Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education, 3(2), 67–80. https://doi.org/10.21580/square.2021.3.2.8651


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.