Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika PISA pada Materi Aritmetika Sosial Berdasarkan Prosedur Newman

Suharti Suharti, Ananda Nasywa Amrin, Helmi Hananah Rasyidin, Muhammad Faiz, Wardah Kalsum

Sari


Literasi matematika merupakan kemampuan yang harus dimiliki peserta didik dalam menghadapi masalah sehari – hari. Namun, rendahnya hasil PISA Indonesia mengindikasikan masih banyak kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal literasi matematika. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi berbagai kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal literasi matematika PISA materi Aritmetika Sosial. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek tiga peserta didik kelas VII MTs Ash-Shalihin tahun ajaran 2024/2025 dipilih melalui teknik purposive sampling berdasarkan kategori kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen yang digunakan berupa soal tes, angket dan pedoman wawancara. Data dianalisis melalui tahapan reduksi, penyajian dan deskripsi berdasarkan prosedur newman. Hasil penelitian menunjukkan peserta didik kemampuan tinggi tidak mengalami kesalahan, tetapi membutuhkan waktu dalam memahami soal. Peserta didik kemampuan sedang membuat kesalahan pada tahap membaca dan memahami soal karena kurangnya pembisaan. Peserta didik kemampuan rendah melakukan kesalahan pada tahap membaca, memahami soal dan penulisan jawaban akhir dikarenakan juga kurang pembiasaan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustiani, S., Agustiani, N., & Nurcahyono, N. A. (2021). Analisis Berpikir Literasi Matematika Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa SMP. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 67–78. https://doi.org/10.46918/equals.v4i2.966

Ahmad, H., Samad, I., Soleman, A. R., & Kamaluddin, K. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VII Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Aritmetika Sosial. Journal Peqguruang: Conference Series, 5(2), 529. https://doi.org/10.35329/jp.v5i2.4592

Amni, R., & Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar Bagian Balok Berdasarkan Teori Newman. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(3), 215. https://doi.org/10.24014/juring.v4i3.13560

Andriliani, L., Amaliyah, A., Putry Prikustini, V., & Daffah, V. (2022). Analisis Pembelajaran Matematika Pada Materi Geometri. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(7), 1169–1178. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i7.138

Azid, A., Zamnah, L. N., & Solihah, S. (2023). Mengapa Literasi Matematis Penting dan Diperhatikan? 3(1), 7–10.

Dewanti, S. S., & Muna, K. (2023). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Soal Cerita Aritmetika Sosial. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 7(2), 263. https://doi.org/10.33603/jnpm.v7i2.7885

Ferdiyanto, A., Kusmaryono, I., & Maharani, H. R. (2021). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH TRIGONOMETRI BERDASAR PROSEDUR NEWMAN DITINJAU DARI PERSPEKTIF GENDER. Buku, 1.

Friantini, R. N., Winata, R., & Permata, J. I. (2020). Pengembangan Modul Kontekstual Aritmatika Sosial Kelas 7 SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 562–576. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.278

Hidayah, N., Darmono, P. B., & Purwaningsih, W. I. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP Kelas VII Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 114–123. https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/jurnalphythagoras/article/view/2644

Irmayanti, Rohani, Laili Habibah Pasaribu, Indah Fitria Rahma, & Rahmi Nazliah. (2020). Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Dari Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematis Siswa. Numeracy, 7(2), 240–254. https://doi.org/10.46244/numeracy.v7i2.1205

Islamiyah, A. C., Prayitno, S., & Amrullah, A. (2018). Analisis Kesalahan Siswa SMP pada Penyelesaian Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Didaktik Matematika, 5(1), 66–76. https://doi.org/10.24815/jdm.v5i1.10035

Kurniasih, E., Raharjo, T. J., & Yuwono, A. (2024). Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika Berdasarkan Teori Newman Pada Konten Change And Relationship Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(01), 2548–6950. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/12488/5423

Nufus, H., Roza, Y., & Maimunah, M. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Prosedur Newman dalam Menyelesaikan Soal Materi Himpunan Kelas VII MTs. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1810–1817. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1245

Samosir, E. (2022). Kemampuan Literasi Matematika: Kaitannya dengan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 4(1), 60–72. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v4i1.23026

Siregar, B. H., Sihombing, T. V., Purba, F., & Puteri, R. (2022). Analisis Kesalahan dalam Penyelesaian Soal SPLDV : Studi pada Literasi Numerasi Siswa Kelas X SMA. 5(4), 5940–5947.

Siregar, E. B., Karo, N. H. B., Samosir, D., & Rajagukguk, W. (2024). KUALITAS PENDIDIKAN MATEMATIKA DI INDONESIA. 12(2), 34–50.

Ubaidah, N., Zaenuri, Z., Junaedi, I., & ... (2022). Aktualisasi Mathematical Literacy berbasis E-Scaffolding di Era Digital. Prosiding Seminar …, 776–781. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/1563

Velria Jun, Sri Hariyani, & Tatik Retno Murniasih. (2022). Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Penyelesaian Soal Cerita Teorema Pythagoras berdasarkan Teori Newman. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 4(2), 139–152. https://doi.org/10.30762/factor_m.v4i2.3722

Wahyu, T., Lase, N., Lase, S., Mendrofa, R. N., & Zega, Y. (2024). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 GUNUNGSITOLI SELATAN ( ANALYSIS OF CREATIVE THINKING SKILLS OF STUDENTS IN CLASS VIII SMP NEGERI 4 GUNUNGSITOLI SELATAN IN SOLVING MATH. 07(02), 122–134.

Zalfa, S. N. E., & Rahmawati, N. D. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Memecahkan Masalah pada Soal Cerita Materi Statistika. 4(1), 6. https://doi.org/10.33752/cartesian.v4i1.6648

Ziliwu, S. H., Sarumaha, R., & Harefa, D. (2022). Analisis Kemampuan Koneksi Matematika pada Materi Transformasi Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Lahusa Tahun Pembelajaran 2020/20201. 1.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.