Pengaruh Disposisi Matematis Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis

Rahma Inayah, Yuan Andinny, Anik Pujiati

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh disposisi matematis terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMA Negeri 1 Tambun Utara menggunakan metode survei korelasional. Populasi terjangkau yang digunakan sebanyak 351 siswa, dengan menggunakan rumus Slovin diperoleh sampel penelitian sebanyak 187 siswa. Teknik pengambilan sampel untuk setiap kelas menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket dan tes soal uraian yang sudah diuji prasyarat validitas dan reliabilitas. Analisis data penelitian yang digunakan adalah korelasi dan regresi sederhana, diperoleh nilai  sedangkan nilai  diperoleh dengan taraf signifikan 5% yaitu sebesar 3,89. Sehingga dapat dikatakan bahwa , hal ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan disposisi matematis terhadap kemampuan komunikasi matematis.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aminah, S., Wijaya, T. T., & Yuspriyati, D. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII Pada Materi Himpunan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 2(1): 15-22. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.29

Astuti, A., & Leonard, L. (2015). Peran kemampuan komunikasi matematis terhadap prestasi belajar matematis siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. 2(2): 102-110. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i2.91

Danaryanti, A., & Noviani, H. (2015). Pengaruh Gaya Belajar Matematika Siswa Kelas VII terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis di SMP. EDU MAT: Jurnal Pendidikan Matematika. 3(2). https://dx.doi.org/10.20527/edumat.v3i2.648

Darwanto. (2019). Hard Skills Matematik Siswa (Pengertian dan Indikatornya). Jurnal Eksponen. 9(1): 21-27. https://doi.org/10.47637/eksponen.v9i1.129

Diningrum, P. R., Azhar, E., & Faradillah, A. (2018). Hubungan disposisi matematis terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII di SMP negeri 24 Jakarta. Pendidikan Matematika. 1: 352-364. https://doi.org/10.30998/pm.v1i1.2757

Hendriana, H., & Kadarisma, G. (2019). Self-Efficacy dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika). 3(1): 153-264. http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.2033

Lestari, A. L., Suharto, S., & Fatahillah, A. (2016). Analisis Pengaruh Disposisi Matematis terhadap Hasil Belajar Materi Integral Tak Tentu Siswa Kelas XII IPA 2 SMAN 4 Jember. Jurnal Edukasi. 3(1): 40. https://doi.org/10.19184/jukasi.v3i1.4320

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Karawang: PT. Redika Aditama.

Lubis, R. B. (2023). Mengulik Hasil PISA 2022 Indonesia: Peringkat Naik, tapi Tren Penurunan Skor Berlanjut. Diakses dari GoodStats: https://goodstats.id/article/mengulik-hasil-pisa-2022-indonesia-peringkat-naik-tapi-tren-penurunan-skor-berlanjut-m6XDt

Maemanah, A., & Winarso, W. (2019). Pengaruh Kecerdasan Logika Matematika Terhadap Disposisi Matematis Siswa. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika). 4(1): 48–57. https://doi.org/10.15642/jrpm.2019.4.1.48-57

Septiani, Y., Aribbe, E., & Diansyah, R. (2020). Analisis Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik Universitas Abdurrab Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Sevqual (Studi Kasus: Mahasiswa Universitas Abdurrab Pekanbaru). Jurnal Teknologi Dan Open Source. 3(1), 131-143. https://doi.org/10.36378/jtos.v3i1.560

Syarifah, B. (2022). Pengaruh Disposisi Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP MA'ARIF NU 1 PURWOKERTO. Doctoral dissertation, UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri. https://repository.uinsaizu.ac.id/12752/

Utami, S. R. P., & Armiati, A. (2023). Pengaruh Disposisi Matematis terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas XI IPS MAN 1 Kota Padang. Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika. 12(4): 108-112. https://doi.org/10.24815/jepmath.v12i4.26788

Wijayanti, R. & Alimin. (2023). Pengaruh disposisi matematika terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika. 3(1): 15-24. https://doi.org/10.22460/hmp.v3i1.8582


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.