Pengaruh Kemampuan Awal dan Minat Belajar terhadap Penguasan Konsep Matematika
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kemampuan Awal dan Minat Belajar terhadap Penguasaan Konsep Matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Teknik analisis data menggunakan teknik regresi dan korelasi ganda. Jumlah sampel sebanyak 33 peserta didik yang diperoleh dengan Teknik Slovin. Instrument yang digunakan adalah tes pilihan ganda untuk mengetahui kemampuan awal dan angket untuk mengukur minat belajar, sedangkan penguasaan konsep diambil dari dokumen guru. Hasil hipotesis menunjukkan bahwa; 1) terdapat pengaruh kemampuan awal dan minat belajar secara bersama-sama terhadap penguasaan konsep matematika, 2) terdapat pengaruh kemampuan awal terhadap penguasaan konsep matematika, 3) terdapat pengaruh minat belajar terhadap penguasaan konsep matematika.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Astuti, Siwi Puji. (2015). Pengaruh Kemampuan Awal dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika.Jurnal Formatif, Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1), 68–75
Gusniwati, Mira.(2015). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar terhadap Penguasaan Konsep Matematika.Jurnal Formatif, Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1), 26–41
Kurniawan. (2006). Siap Juara Matematika SMP. Jakarta: Erlangga.
Syah, Muhibbin. (2010). Psikologi Pendidikan dan Pendekatan Baru. Bandung: Rosdakarya.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.