Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Kesebangunan Berbasis Etnomatematika

Haikal Pranata, Fazira Alviola, Ardi Fidelis, Finia Ulfarianti, Syafiq Maulana, Mochammad Faiz Agil Nurfikri, Febrian Febrian, Puji Astuti

Sari


Abstract: This study aims to analyze students' mathematical literacy skills in understanding and applying the concept of similarity of plane figures. This study uses a descriptive qualitative approach involving 37 students of class VII-1 SMPN 2 Tanjungpinang. The instruments used include contextual test questions based on Malay culture and semi-structured interview guidelines. The results of the study showed that most students were in the moderate category. Students were stronger in the Employ indicator, but still weak in the Formulate and Evaluate indicators. Therefore, learning is needed that emphasizes students' initial understanding. This study can be a reference in designing more appropriate contextual learning strategies to improve students' mathematical literacy.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi matematis siswa dalam memahami dan menerapkan konsep kesebangunan bangun datar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang melibatkan 37 siswa kelas VII-1 SMPN 2 Tanjungpinang. Instrumen yang digunakan meliputi tes berbentuk soal kontekstual berbasis budaya melayu dan pedoman wawancara semi-terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar siswa berada pada kategori sedang. Siswa lebih kuat pada indikator Employ, namun masih lemah pada indikator Formulate dan Evaluate. Penelitian ini dapat menjadi acuan dalam merancang strategi pembelajaran kontekstual yang lebih tepat untuk meningkatkan literasi matematis siswa.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andriono, R. (2021). Analisis Peran Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2). https://doi.org/10.24176/anargya.v4i2.6370

Anwar, N. T. (2018). Peran Kemampuan Literasi Matematis pada Pembelajaran Matematika Abad-21. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 364–370.

Dinarti, S. et al. (2023). Kemampuan Literasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Pola Bilangan Berbasis Etnomatika Budaya Jombang. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 103–112. http://ojs.uho.ac.id/index.php/jpm

Fadillah, F., & Munandar, R. D. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa pada Soal PISA di SMPN 2 Karawang Barat. Wahana Matematika Dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 15(3), 15–25.

Febrian, F. et al. (2023). Ethnomathematical Study on Traditional Wedding Hantaran: 44-Fold Cloth from Lingga Regency. BIO Web of Conferences, 79, 1–10. https://doi.org/10.1051/bioconf/20237906003

Kurniawan, W. & Hidayati, T. (2019). Etnomatematika: Konsep dan Eksistensinya. Pamulang: CV. Pena Persada.

Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291–300. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.825

Moleong, Lexy J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. Paris: OECD Publishing.

Syah, M. S. F., et al. (2024). Kemampuan Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar Berdasarkan Prespektif Teori Gestalt. ELSE (Elementary School Education, 8(1), 85–95. 10.30 651/else.v8i1.21033%0Ahttps://journal.um-surabaya.ac.id/inde

Sausan, T. & Wibowo, M. U. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik Sekolah Menengah dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Quantity Ditinjau dari Math Anxiety. JASH, I(1), 18–33.

Setyaningsih, R., & Munawaroh, L. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Berorientasi Pisa Konten Uncertainty and Data. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 1656. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.4948

Siswowijoyo, M., & Tiya, K. (2014). Deskripsi Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri di Kota Raha. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 2(2), 73–90. file:///D:/jurnal skripsi/literasi 2014 SMP(jurnal).pdf

Yumnanika, K. F. H. & Waluyo, M. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Matematika dalam Menyelesaikan Soal PISA Berbasis Ethnomatematika Gambang. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 5(3), 253–264. https://doi.org/10.38035/jmpis.v5i3.1926


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.