Analisis Hubungan Kecemasan Matematika Dengan Prestasi Belajar Siswa

Chairiah Andani

Sari


Artikel ini membahas hubungan antara kecemasan matematika dan prestasi belajar siswa berdasarkan tinjauan literatur sistematis terhadap lima jurnal ilmiah. Hasilnya menunjukkan adanya korelasi negatif yang konsisten: semakin tinggi tingkat kecemasan matematika, semakin rendah prestasi akademik siswa. Kecemasan ini memengaruhi baik kemampuan kognitif seperti memproses informasi dan berpikir logis maupun aspek afektif, seperti rasa percaya diri. Faktor lingkungan, misalnya keterbatasan fasilitas di daerah 3T, memperparah dampaknya. Namun, motivasi belajar berperan sebagai faktor protektif yang dapat menekan pengaruh negatif kecemasan, sehingga strategi pembelajaran yang bersamaan menurunkan kecemasan dan meningkatkan motivasi menjadi penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan mendukung keberhasilan siswa.

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.