Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Terhadap Soal Bangun Ruang Berbasis Konteks Maritim

Rahmadani Puspa,Kurnia Adela,Reny,Khusnul Khotimah,Nurul Hidayati,Wama Wati,Febrian,Puji Astuti

Sari


Penelitian ini berfokus pada analisis kemampuan siswa SMP dalam menyelesaikan masalah matematika terkait bangun ruang, yang dinilai berdasarkan empat aspek: mengidentifikasi masalah, merumuskan rencana, melaksanakan rencana, dan memverifikasi jawaban. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui tes tertulis dan wawancara mendalam kepada siswa dari berbagai tingkat kemampuan. Siswa dibagi menjadi lima kategori berdasarkan hasil tes yang telah dilakukan, yaitu sangat tinggi, tinggi, cukup, rendah, dan sangat rendah. Instrumen yang digunakan berupa lembar tes dan pedoman wawancara untuk guru dan peserta didik. Peserta didik dikategorikan menjadi lima tingkatan: sangat tinggi, tinggi, cukup, rendah, dan sangat rendah. Hasil menunjukkan indikator yang paling dominan muncul adalah mengidentifikasi masalah dengan tingkat presentase sebesar 92%, sedangkan yang paling sering tidak muncul adalah memverifikasi solusi dengan tingkat presentase sebesar 42%. Kelemahan peserta didik terletak pada ketelitian, ketuntasan jawaban, dan refleksi. Simpulan menekankan pentingnya pelatihan berpikir kritis dan evaluatif guna meningkatkan kemampuan merumuskan strategi, melaksanakan strategi, dan memverifikasi solusi.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Astuti, P., Indrayanti, Santoso, B., Septiana, D., & Atika. (2017). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP DENGAN SOAL - SOAL PERMODELAN. PROSIDING SEMINAR NASIONAL 20 PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG, 286 - 290.

Dewirmani S. (2018). Kemampuan Komunikasi dan Pemahaman Konsep Aljabar Linear Mahasiswa Universitas Indonesia 'YPTK' Padang. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 8 (1): 53-62.

Gina Nursyamsiah, S. S. (2020). ANALISIS KESULITAN SISWA SMP KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. MAJU, 98 - 99.

Hasibuan. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar di SMP Negeri 12 Bandung. Axiom, 18 - 30.

Maria Gaudensia Doa Doko, S. N. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA BERDASARKAN TAHAPAN POLYA MATERI SEGI EMAT. RAINSTEK (Jurnal Terapan Sains & Teknologi) , Vol. 2, No. 3 228 - 230.

Nuraini, M. Y. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII SMPN 1Rambah Samo Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Numerical: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 63 - 65.

Putra, E. D., Rahmatina, D., & Febrian. (2023). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMA kelas XI. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 276 - 290.

Somawati. (2018). Peran Efikasi Diri (Self Efficacy) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Konseling dan Pendidikan, Vol 6 (1): 39-45.

Suratmi, S. &. (2017). Pengaruh Strategi Metakognitif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Persepsi siswa Terhadap Pelajaran Matematika . UNION.: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika , Vol 5 (2).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.