ANALISIS KEMAMPUAN HOTS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERBANDINGAN DENGAN MENGGUNAKAN KONTEKS TANJAK

salma putri syafiah

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan HOTS siswa dalam menyelesaikan soal perbandingan dengan menggunakan konteks budaya melayu yaitu tanjak. Indikator HOTS mengacu pada Taksonomi Bloom revisi, meliputi menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Pada penelitian ini data diperoleh melalui tes dan wawancara, menggunakan lembar tes dan pedoman wawancara sebagai instrumen penelitian. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus, melibatkan seluruh siswa kelas VII.10 SMP Negeri 7 Tanjungpinang. Tanjak melambangkan kebudayaan Melayu yang kaya akan bentuk dan struktur, dijadikan konteks dalam soal matematika untuk mengaitkan antara budaya dan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan 4 siswa (11,4%) berkemampuan tinggi mampu memenuhi indikator menganalisis dan mencipta, namun kesulitan pada indikator mengevaluasi. Sebanyak 26 siswa (74,3%) berkemampuan sedang hanya mampu mencapai indikator menganalisis. Sementara itu, 5 siswa (14,3%) menunjukkan kemampuan rendah karena belum memenuhi ketiga indikator. Temuan ini menunjukan pentingnya penerapan pembelajaran berbasis budaya lokal guna mendukung pengembangan keterampilan HOTS siswa secara lebih optimal.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abduh, M., & Istiqomah, A. (2021). Analisis Muatan Hots dan Kecakapan Abad 21 pada Buku Siswa Kelas V Tema Ekosistem di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2069–2081. doi:10.31004/basicedu.v5i4.1124

Aryani, I., & Maulida. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika melalui higher order thinking skills (hots). Jurnal Serambi Ilmu, 20(2), 274–290. Retrieved from https://www.ojs.serambimekkah.ac.id/serambi-ilmu/article/view/1459

Dimyati, H., & Maya, R. (2023). Analisis kesulitan belajar siswa pada materi perbandingan kelas VII SMPN 02 cililin. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(5), 2023–2034. doi:10.22460/jpmi.v6i5.17248

Fanani, M. Z. (2018). Strategi Pengembangan Soal Hots Pada Kurikulum 2013. Edudeena : Journal of Islamic Religious Education, 2(1), 57–76. doi:10.30762/ed.v2i1.582

Febrian, Puji Astuti, Roma Doni Azmi, Nurul Hilda S.P, Mirta Fera, L. R. (2023). Teknologi Tepat Guna Identifikasi Matematika Dalam Kearifan Lokal Masyarakat Maritim Kepulauan Riau (Vol. 1).

Herman, T., Hasanah, A., Nugraha, R. C., Harningsih, E., Ghassani, D. A., & Marasabessy, R. (2022). Pembelajaran Berbasis Masalah-High Order Thinking Skill (HOTS) pada Materi Translasi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1131–1150. doi:10.31004/cendekia.v6i1.1276

KINTOKO, YULIANA, S., & SUNANTI, T. (2024). Analisis Higher Order Thinking Skills (Hots) Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education, 6(1), 118–126. doi:10.38114/6z3pm559

Maliq, S. A., Aziz, A., & Lestari, W. (2022). Analisis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa dalam Memecahkan Soal HOTS Matematika. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 3421–3427. Retrieved from http://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/3410/0

Medyasari, L. T., Zaenuri, Z., Dewi, N. R., & Wijayanti, K. (2022). Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Etnomatematika Melayu Dalam Mendukung Pembelajaran Matematika, (1994), 610–614. Retrieved from http://pps.unnes.ac.id/pps2/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes

Mouwn Erland. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. Rake Sarasin.

Nufus, H., Sudi Prayitno, Baidowi, B., & Turmuzi, M. (2022). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Perbandingan Ditinjau Dari Tingkat Kemampuan Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Maluk Tahun Pelajaran 2020/2021. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(1), 246–259. doi:10.29303/griya.v2i1.133

Samsu. (2017). Metode penelitian: teori dan aplikasi penelitian kualitatif, kuantitatif, mixed methods, serta research & development. Diterbitkan oleh: Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA).

Tanujaya, B., & Mumu, J. (2020). Pengembangan Dan Analisis Soal Higher Order Thinking Skills Berbasis Alam Dan Budaya Papua. Journal of Honai Math, 3(2), 157–168. doi:10.30862/jhm.v3i2.146


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.