Guru sebagai Pendukung Belajar: Strategi dan Peran dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Siswa
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran guru sebagai pendukung utama dalam proses belajar siswa, khususnya dalam mengatasi kesulitan belajar yang dialami peserta didik. Dengan menggunakan metode kajian literatur sistematis terhadap sejumlah artikel ilmiah yang relevan, penelitian ini menganalisis berbagai strategi dan peran guru dalam membantu siswa mengatasi hambatan belajar, terutama pada mata pelajaran matematika. Hasil analisis menunjukkan bahwa guru memiliki peran strategis yang lebih luas daripada sekadar penyampai materi; guru juga berperan sebagai fasilitator, motivator, pembimbing, dan pengarah dalam proses pembelajaran. Berbagai strategi yang diterapkan meliputi pendekatan personal, pembelajaran interaktif, bimbingan rutin, evaluasi berkala, serta kerja sama dengan orang tua siswa. Temuan ini menegaskan pentingnya penguatan profesionalisme guru serta sinergi antara guru dan orang tua untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, responsif, dan efektif bagi siswa yang mengalami kesulitan belajar. Studi ini diharapkan dapat menjadi dasar bagi pengembangan praktik pendidikan yang lebih baik dan penelitian lanjutan dalam bidang pendidikan inklusif.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Andini, S. P., & Zakki, M. (2024). Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Pembelajaran Matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 4(1), 29-39.
Anggraeni, S. T., Muryaningsih, S., & Ernawati, A. (2020). Analisis faktor penyebab kesulitan belajar matematika di sekolah dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(1), 25-37.
Arsini, Y., Yoana, L., & Prastami, Y. (2023). PERANAN GURU SEBAGAI MODEL DALAM PEMBENTUKAN. JURNAL MUDABBIR, 29.
Dwi, D. F., & Audina, R. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Kelas IV Sekolah. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 95.
Hasanah, N. (2016). Upaya guru dalam mengatasi siswa berkesulitan belajar matematika di kelas IV SDIT Ukhuwah Banjarmasin. Jurnal PTK & Pendidikan, 2(2), 27-34.
Insani, S. P., Darmiany, D., Nurmawanti, I., & Witono, A. H. (2023). Kreativitas guru di abad 21 dalam mengatasi kejenuhan belajar matematika siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(3), 66-72.
Marwantika, A. I. (2021). TREN KAJIAN DAKWAH DIGITAL DI INDONESIA: Sistematic Literature Review. Proceeding of The 1st Conference on Strengthening Islamic Studies in the Digital Era (FICOSIS) , Vol 1.
Misky, R. I., Witono, A. H., & Istiningsih, S. (2021). Analisis Strategi Guru Dalam Mengajar Siswa Slow Learner Di Kelas IV SDN 2 Karang Bayan. Renjana Pendidikan Dasar, 1(2), 57-65.
Naimah, N. (2023). Peran Guru sebagai Konselor dalam Mengatasi Masalah Belajar Siswa di MAN 1 Banjarmasin. PADARINGAN (Jurnal Pendidikan Sosiologi Antropologi), 5(01), 12-27.
Nuraeni, N., & Syihabuddin, S. A. (2020). Mengatasi kesulitan belajar siswa dengan pendekatan kognitif. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 2(1), 19-20.
Safitri, M. F., & Bakhtiar, A. M. (2022). PERAN GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SD. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1908-1915.
Waskitoningtyas, R. S. (2016). Analisis Kesulitan belajar matematika siswa kelas V sekolah dasar kota Balikpapan pada materi satuan waktu tahun ajaran 2015/2016. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 5(1), 24-32.
Wicaksono, J. W. (2022). Strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika pada siswa kelas IV SD Negeri Samahani. Jurnal Pendidikan Dasar, 13(01), 121-126.
Yusril, A. N., Larasati, I., & Zukri, P. A. (2021). Systematic Literature Review Analisis Metode Agile dalam Pengembangan Aplikasi Mobile. Jurnal Sistem Informasi, , Vol 10, No 2.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.