Pengembangan Model Manajemen Kurikulum Berbasis Penguatan Pendidikan Karakter, Teknologi, dan Budaya di Indonesia

Farah Indrawati

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan model manajemen kurikulum ujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan model manajemen kurikulum berbasis penguatan pendidikan karakter, teknologi dan budaya di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan pendekatan studi pustaka mulai tahun 2015 sampai dengan tahun 2025. Hasil penelitian yang diperoleh adalah ditemukan fenomena, serta pola dan tema kunci yang merefleksikan arah kebijakan kurikulum nasional. Simpulan dari penelitian ini adalah diketahui bahwa pengembangan model manajemen kurikulum berbasis penguatan pendidikan karakter, teknologi, dan budaya di Indonesia telah diimplementasikan dengan menggunakan tiga jenis pendekatan yang integratif dan strategis, selain berorientasi pada peningkatan mutu pembelajaran, pemanfaatan teknologi secara bijak, serta pembentukan karakter sumber daya manusia yang sesuai dengan nilai-nilai nasional dan kearifan lokal.

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.