Desain Lintasan Belajar Materi Eksponen melalui Konteks Pembelahan Sel dengan Pendekatan PMRI untuk Mendukung Koneksi Matematis Siswa

Yufitri Yanto

Sari


Tujuan dari penelitian ini untuk memperoleh desain lintasan belajar pada materi Eksponen dengan pendekatan PMRI di Sekolah Menengah Atas untuk mendukung kemampuan koneksi matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini  yaitu design research tipe validation studies yang terdapat tiga tahapan utama pada penelitian yaitu persiapan penelitian, eksperimen desain, dan the retrospective analysis. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Karya 45 Bangunrejo yang terdiri dari 6 siswa yaitu 3 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan yang masing-masing memiliki kemampuan yang heterogen (tinggi, sedang, rendah). Penelitian ini menghasilkan desain pembelajaran materi eksponen berbasis PMRI sekaligus menghasilkan aktifitas-aktifitas yang mendukung kemampuan koneksi matematika siswa. Penelitian menunjukkan bahwa kesulitan umum termasuk dalam mengidentifikasi pola perkalian berulang yang dapat diubah menjadi eksponen, serta kesulitan dalam menerapkan konsep tersebut dalam konteks nyata melalui pendekatan PMRI. PMRI membantu siswa mengembangkan koneksi matematis yang kuat antara konsep eksponen dengan situasi-situasi dalam kehidupan sehari-hari.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arisandy, E. N. & Fuad, Y. (2019). 2019. “The Development of Students’ Understanding of Science.” Frontiers in Education 4(April): 1–6.

Anggraini, Desvita, and R.Maisaroh R. Siregar. 2021. “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Eksponen Melalui Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Kelas X Sma Swasta Tamansiswa Binjai.” Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 6(2): 86–91.

Diah Pratiwi, Ika, Aritsya Aritsya, and Yanti Yanti. 2021. “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Cerita Trigonometri.” PHI: Jurnal Pendidikan Matematika 5(1): 39.

Eka Susanti, Zulkardi, dan Yusuf Hartono. “Desain Pembelajaran Materi Eksponen Dengan Konteks Perkembangan Tubuh Manusia.” : 97–106.

Hajeniati, Nining, Lambertus Lambertus, and Baharuddin Baharuddin. 2019. “Penerapan Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Koneksi Matematik Ditinjau Dari Pengetahuan Awal Matematika Siswa.” Jurnal Pendidikan Matematika 9(2): 122.

Hariyati, and Zulkardi , Indaryanti. 2008. “Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 2. No.1, Januari 2008.” 2(1): 63–80.

Hutneriana, Ririn, Isti Hidayah, Dwijanto, and Wardono. 2024. “Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Melalui Pembelajaran Matematika Realistik.” PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 7: 529–38.

Junengsih, Juju, and Sutirna Sutirna. 2022. “Analisis Kesulitan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Pada Materi Eksponen.” Jurnal Ilmiah Dikdaya 12(1): 28.

Kartini., Meldawati. 2021. “A. Pendahuluan Dalam Proses Pembelajaran Matematika Di Sekolah Baik Di Tingkat SD, SMP Maupun SMA, Sudah Pasti Ada Tahap Evaluasi, Dimana Evaluasi Secara Garis Besar Dapat Dikatakan Sebagai 1.” 10(1): 1–14.

Kurniawati1, Erni, and Aurora Nur Aini , Ida Dwijayanti. 2020. “PROFIL KESALAHAN SISWA DALAM PENYELESAIAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN NEWMAN’S ERROR ANALYSIS (NEA) DITINJAU DARI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS.” JURNAL SILOGISME: Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajarannya 5(2): 62–71.

Kusmanto, Hadi, and Iis Marliyana. 2014. “Pengaruh Pemahaman Matematika Terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Kelas Vii Semester Genap Smp Negeri 2 Kasokandel Kabupaten Majalengka.” Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching 3(2).

Maulid, Sitti, Hafiluddin S, and Latief Sahidin. 2017. “Analisis Kesalahan Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Raha Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Eksponen Dan Logaritma.” Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika 5(1): 155–68.

Muhtadi, Dedi, Eko Yulianto, Redi Hermanto, and Tiana Virawanti. 2024. “Learning Design of Exponential Numbers Through the Design of a Hypothetical Learning Trajectory Using.” Journal of Authentic Research on Mathematics Education 6(1): 25–42.

Nurkamilah, Puji, and Ekasatya Aldila Afriansyah. 2021. “Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Bilangan Berpangkat.” Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 10(1): 49–60.

Putri, Devi Arhami, Rahmah Johar, and Muhammad Hasbi. 2019. “Penerapan ELPSA Framework Berbantuan Game Pada Materi Eksponensial.” Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram 7(1): 68.

Solihah, Mar’atun, Encum Sumiaty, and Eyus Sudihartinih. 2022. “Kajian Learning Obstacle Pada Topik Operasi Pembagian Bilangan Bulat Ditinjau Dari Literasi Matematis Oleh PISA 2021.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi 6(2): 111–21.

Supardi U.S. 2013. “Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar.” Kinabalu 11(2): 50–57.

Weber, Keith. 2002. “Students’ Undersyanding of Exponential and Logarithmic Functions.” Procedings of the 2nd international Conference on the Teaching of Mathematics (June): 1–7.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.