Pengaruh Metode Collaborative Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Siswa

Dwi Agus Widiyanto, Condro Endang Werdiningsih, Sri Mayanty

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran collaborative learning terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa. Penelitian dilakukan dengan menggunakan desain kuasi eksperimen yang melibatkan siswa kelas VII di SMPN 119 Jakarta pada tahun ajaran 2024/2025. Model pembelajaran yang digunakan dalam kelas eksperimen adalah Two Stay Two Stray, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode Team Games Tournament. Instrumen pengumpulan data berupa tes komunikasi matematika, dan data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan metode collaborative learning memiliki kemampuan komunikasi matematika yang lebih tinggi secara signifikan dibandingkan siswa yang diajar dengan metode konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa collaborative learning efektif dalam meningkatkan interaksi dan keterampilan komunikasi matematika siswa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fitriyanti, R., et al. (2021). Implementasi Metode collaborative learning Dalam Pembelajaran Statistika Untuk Meningkatkan Keterampilan 4C. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 250–259.

Hakiki, A. M., & Sundayana, R. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematika Dalam Pembelajaran Kolaboratif. Jurnal Pembelajaran Matematika, 7(2), 101–109.

Lagur, H., et al. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran NHT Terhadap Komunikasi Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 45–55.

Nurlaely, L. (2019). Pengaruh Pembelajaran Kolaboratif Peer Learning Terhadap Komunikasi Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 66–74.

Sunaryo, S., et al. (2024). Pengembangan Indikator Komunikasi Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan, 8(2), 930–935.

Wulandari, R., & Ekawati, R. (2023). Analisis Keterampilan Komunikasi Matematis Berdasarkan Gender. Jurnal Math Didactic, 7(3), 430–440.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.