Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Persamaan Garis Lurus Berkonteks Maritim Kelas VIII
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMPN 6 Tanjungpinang dalam menyelesaikan soal persamaan garis lurus menggunakan konteks maritim, seperti pelayaran dan navigasi antar pelabuhan. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan subjek sebanyak 22 siswa. Instrumen utama berupa tiga soal uraian berbasis konteks maritim yang dirancang untuk mengukur aspek pemahaman konseptual dan keterampilan pemecahan masalah, dan telah divalidasi oleh ahli materi dan pendidikan matematika. Data dikumpulkan melalui tes tertulis dan wawancara terstruktur. Klasifikasi kemampuan siswa ditentukan berdasarkan persentase skor: tinggi (80-100), sedang (66–79), rendah (56–65), dan sangat rendah (0–55). Analisis dilakukan mengacu pada empat tahap Polya: memahami masalah, merencanakan, melaksanakan, dan memeriksa kembali. Hasil menunjukkan banyak siswa berada pada kategori sangat rendah, terutama pada aspek perencanaan dan memeriksa kembali. Hasil ini menekankan pentingnya pembelajaran berbasis konteks lokal untuk meningkatkan berpikir strategis dan reflektif siswa.
Teks Lengkap:
PDFRefbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.