Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Materi Bangun Ruang Konteks Bubu

Marisah Marisah, Gina Septiani, Andrean Bayu Pratama, Shindy Rahmawati, Adinda Oktavia Rahmadani, Sari Misnanda Putri, Febrian Febrian, Puji Astuti

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemahamankonsep matematis siswa kelas IX SMPN 1 Tanjungpinang pada materi bangunruang dengan mengintegrasikan konteks budaya Melayu melalui bentuk bubu.Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Tes uraian sebanyak empatbutir soal dan wawancara terstruktur adalah bagian dari metode pengumpulandata. Teknik analisis data dilakkan dengan 3 tahapan, yaitu mereduksi data,menyajikannya, dan menarik kesimpulan. Penelitian sampel terdiri dari 33siswa kelas IX.4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 18,2% siswa memilikipemahaman konsep pada kategori tinggi, 63,6% kategori sedang, dan 18,2%kategori rendah. Temuan ini menunjukkan bahwa mayoritas siswa berada padakategori sedang, dengan variasi kemampuan yang cukup beragam.

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.