Persepsi Guru terhadap Pelaksanaan Kurikulum Merdeka

Tatan Zenal Mutakin

Sari


Kurikulum merdeka merupakan kurikulum yang berorintasi pada kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai wujud adaptasi terhadap tuntutan kemajuan abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana pandangan guru terhadap penetapan kurikulum merdeka di dunia pendidikan. Penelitian menggunakan metode survey dengan menyebarkan kuesioner kepada guru-guru dari mulai tingkat SD, SMP, SMA, dan praktisi pendidikan melalui google form sebanyak 28 butir pernyataan. Responden penelitian sebanyak 120 guru. Teknik sampling menggunakan sampel jenuh dengan memasukan seluruh data yang terjaring sebagai sampel sebanyak 120 guru. Analisis statistik menggunakan model Rasch, dilanjutkan dengan analisis komparatif mengunakan program SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum para guru memandang positif terhadap pemberlakuan kurikulum merdeka. Namun demikian, para guru juga berpandangan bahwa dalam implementasinya, kurikulum merdeka memiliki kekurangan terutama yang berkaitan dengan daya pendukung dalam pelaksanaannya 

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Azwar, S. (2015). Metode Penelitian. Yogyakarta, Penerbit: Pustaka Belajar.

Bond, T. G., & Fox, C. M. (2007). Applying the Rasch Model: Fundamental Measurement in the Human Sciences. New York: Routledge.

DeVellis, R. F. (2016). Scale Development: Theory and Applications. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Karabatsos, G. (2003). Comparing the Aberrant Response Detection Performance of Thirty-six Person-fit Statistics. Applied Measurement in Education, 16(4), 277–298.

Mutakin, Tatan Zenal & Itsar Bolo Rangka, (2021), Panduan Analisis Rasch Model, dengan Sottware WINSTEPs Versi 4.4.7., Yogjakarta, Penerbit: MUMPUNI REKACIPTA.

Mutakin, Tatan Zenal, (2019), Tuntunan Praktis Pengolahan Data Dengan Bantuan Program Statistical Package for The Social Sciences (SPSS), Edisi Kedua, Jakarta, Penerbit: Pustaka Mandiri.

Nasution, Abdul Fatah (2023), Hambatan dan Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka di MTS Raudlatul Uluum Aek Nabara Labuhanbatu, Journal on Education, Volume 05, No. 04, pp. 17308- 17313, E-ISSN: 2654-5497, P-ISSN: 2655-1365

Putri, Nurul Insani et al (2023), Hambatan Guru Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Terhadap Proses Pembelajaran Di SD Negeri 3 Brosot, Indonesian Journal of Elementary Education, Vol. 5, No.1, Juli, E-ISSN: 2722-6689

Sumintono, Bambang & Widhiarso, Wahyu (2015), Aplikasi Model Rasch Untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, Bandung: Trim Komunikasi, Cet II.

Wantiana, Ira dan Mellisa (2023), Kendala Guru dalam Penerapan Kurikulum Merdeka, JURNAL BASICEDU, Volume 7 Nomor 3 Halaman 1461 – 1465


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.