ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MATERI BARISAN DAN DERET PADA KURIKULUM MERDEKA KELAS VIII SMP PGRI SURYAKENCANA
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP PGRI Suryakencana pada materi barisan dan deret dalam implementasi Kurikulum Merdeka. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik triangulasi melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 88% siswa berada pada kategori pemahaman konsep rendah, 8% sedang, dan hanya 4% tinggi. Indikator pemahaman konsep yang paling banyak dikuasai siswa adalah menyatakan ulang konsep (46%), sedangkan indikator pemecahan masalah hanya 16%. Rendahnya pemahaman siswa disebabkan oleh kesulitan dalam mengubah soal cerita menjadi model matematika serta kecenderungan belajar yang hanya berfokus pada hafalan rumus. Penelitian ini menyoroti pentingnya pendekatan pembelajaran yang menekankan proses berpikir dan pemahaman konseptual dalam matematika, khususnya dalam konteks Kurikulum Merdeka.
Teks Lengkap:
PDFRefbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.