Kemampuan Berpikir Kritis Matematis ditinjau dari Model Pembelajaran TGT Berbantuan Media Wordwall

Meilia Wulandari, Leny Hartati

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran tipe Team Games Tournament (TGT) berbantuan media Wordwall terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa di SMP Perguruan Rakyat 1 Jakarta. Penelitian menggunakan metode Quasi Experiment dengan teknik Purposive Sampling dan melibatkan 60 siswa sebagai sampel. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes uraian sebanyak 5 butir soal untuk mengukur kemampuan berpikir kritis matematis yang sudah divalidasi. Persyaratan analisis data mencakup uji normalitas (Chi-Kuadrat), Uji homogenitas (Fisher), dan uji hipotesis menggunakan uji-t perbandingan dua rerata. Hasil analisis menunjukkan bahwa t hitung= 3,0659 > t tabel= 2,0021 pada taraf signifikansi 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran tipe TGT berbantuan media Wordwall terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ainurrohmah, I., et al. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran TGT Berbantu Media Wordwall terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 10(2), 267-274

Aruna, R. P., et al. (2024). Efektifitas Model Pembelajaran Team Game Tournament (TGT) Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal MIPA dan Pembelajarannya, 4(12), 2-2. https://journal3.um.ac.id/index.php/mipa/article/view/6282

Dwiastuti, G. A. (2020). Pengaruh Strategi Pembelajaran ADIS (Argument Driven Inquiry With Scaffolding) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta). http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/51051

Harahap, M. S. R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Pekanbaru. (Doctoral disertation, Universitas Islam Riau). https://repository.uir.ac.id/id/eprint/14131

Margaretha, L (2024). Pengembangan E-LKPD Berbasis STEAM Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Fungsi Eksponen. (Thesis, Universitas Jambi). https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64206

Nirawan, D. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Berbantuan Wordwall Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Larutan Penyangga (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta). https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/81123

Nurjannah, N., et al. (2019). Diagnostik Kesulitan Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Negatif. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 68-79. http://dx.doi.org/10.30863/didaktika.v13i1.340

Oktaviani, A. D., et al. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe “Teams Game and Tournament (TGT)” Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 10. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/7402

Putri, A. E., et al. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Wordwall di Kelas IVB SD Supriyadi 02 Semarang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3). https://doi.org/10.31004/innovative.v4i3.11075

Rahayu, B. N. A., & Dewi, N. R. (2022). Kajian Teori: Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau Dari Rasa Ingin Tahu Pada Model Pembelajaran Preprospec Berbantu TIK. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 297-303. https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54190

Robbani, H. (2025). Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. ABDUSSALAM:Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Islam, 1(1), 79–85. https://journal.iai-daraswaja-rohil.ac.id/index.php/abdussalam/article/view/90

Sadiyah, S., (2023). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa menggunakan Model Pembelajaran Game-Based Learning (GBL) Berbantu Wordwall pada Materi Ekosistem. (Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Gunung). https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/80815

Salsabila, N., & Sundi, V. H. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas III. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 5423 5434. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/12869

Sianturi, A., et al. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMPN 5 Sumbul. Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1). https://doi.org/10.30738/.v6i1.2082

Sya'bani, Y. A., et al. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 8(1), 63-74. https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/ej/article/view/1409

Tabitas, A. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Pengaruhnya Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik di Tingkat SMA Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 4222-4229. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/12976

Yandari, I. A. V., & Nailah, N. (2019). Penerapan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD. Primary Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, 11(1), 57-68. https://doi.org/10.32678/primary.v11i01.1998


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.