Model Data Panel Profit Pada Industri Kosmetik (Terdaftar di BEI Tahun 2019-2023)
Sari
Pertumbuhan industri kosmetik di Indonesia tumbuh 43,11 persen di periode tahun 2020-2023 dan menyumbang 6,8 persen PDB Industri sektor pengolahan. Salah satu faktor produksi sebuah perusahaan dalam mencapai laba yang maksimal adalah COGM (Cost of Good Manufacture) yang terdiri dari biaya material, biaya tenaga kerja langung dan biaya FOH (Factory Over Head) atau Biaya Produksi dan COGS (Cost of Good Sales) atau biaya penjualan dalam hal ini biaya promosi. Promosi salah satu cara perusahaan untuk meningkatkan penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh atu signifikan faktor biaya promosi, biaya produksi dan penjualan bersih terhadap laba dengan mode data panel. Metode pengujian dilakukan dengan Uji Chow, Uji Hausman dan Uji Lagrange Multiplier (LM), dengan hasil menunjukkan metode comon effect lebih tepat dalam mengestimasi model regresi panel dengan nilai R2 sebesar 0,67 dengan model LABA = -0.471*JUAL+ 2.648*PRO + 0.676*PROD - 70625949031.4.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aisyah, A., Nurjanah, L., Maolana, M. A., Anggini, T., & Santoso, R. A. (2024). Analisis Pengaruh Biaya Produksi Terhadap Laba Kotor: Literature Review Artikel Terindeks Sinta. Trending: Jurnal Manajemen Dan Ekonomi, 2(2), 367-374.
Akirliani, E. P., Afifi, Z., & Mulyani, U. R. (2024). Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Promosi, Volume Penjualan, Dan Perilaku Biaya Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Food & Beverage Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Yudishtira Journal: Indonesian Journal Of Finance And Strategy Inside, 4(1), 1-21.
Al Warits, M. A., & Sadikin, D. S. (2023). Pengaruh Pertumbuhan Biaya Produksi Dan Biaya Promosi Terhadap Pertumbuhan Laba Bersih Dan Penjualan. Journal Of Accounting, Management And Islamic Economics, 1(2), 457-468.
Antono, Y. V., Suhendri, H., & Putri, S. A. (2021). Pengaruh Biaya Produksi Dan Biaya Promosi Terhadap Laba Bersih (Studi Pada Perusahaan Roti PT. Nippon Indosari Corpindo Tbk Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2019). Inventory: Jurnal Akuntansi, 5(2), 144- 151.
Elina, A., & Handayani, S. (2021). Pengaruh Beban Promosi, Biaya Produksi Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Laba Perusahaan. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 18(02), 110-120.
Juwariyah, N., & Rosyati, R. (2021). Pengaruh Biaya Promosi Dan Biaya Produksi Terhadap Laba Bersih Yang Dimediasi Oleh Volume Penjualan (Studi Pada PT. Unilever Indonesia Tbk Periode Tahun 2015-2019). Jurnal Aktual Akuntansi Keuangan Bisnis Terapan (Akunbisnis), 4(1), 55-64.
Kertarajasa, A., Annisa, M. L., & Hadiwijaya, H. (2024). Analisis Biaya Produksi, Tingkat Penjualan Dan Laba (Studi Kasus Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2022 Dan 2023). Lancah: Jurnal Inovasi Dan Tren, 2(2), 653-662
Lumbangaol, R., & Manik, R. S. (2024). Pengaruh Biaya Produksi Terhadap Laba Bersih Dengan Volume Penjualan Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Tekstil Dan Garmen Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020. Jurnal Riset Akuntansi & Keuangan, 273- 277.
Magfiroh, L. N. U. (2023). Pengaruh Biaya Produksi Dan Biaya Promosi Terhadap Laba Bersih Pada UD. Seha Barokah Ngingas. Journal Of Sustainability Bussiness Research (Jsbr), 4(1), 85-91.
Makalalag, A., Ilat, V., & Walandouw, S. K. (2023). Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Pemasaran Dan Biaya Kualitas Terhadap Laba Bersih (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sub sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2018-2020). Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(3), 71-81.
Puspita, D. R., Sumantri, F., Hilmiar, M., Nganus, I., Anggraeni, M., & Shalihah, D. D. (2022). Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Promosi Dan Volume Penjualan Terhadap Laba Pada PT. Unilever Tbk Periode 2017-2021. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(9), 194-205.
Rahmawati, R., Helmiati, H., & Pahlewi, A. I. (2024). Pengaruh Penjualan, Biaya Produksi, Biaya Promosi Dan Pajak Penghasilan Terhadap Laba Bersih Pada Perusahaan Sub Sektor Farmasi Pada BEI 2019-2022. Jurnal Akuntansi Dan Teknologi Keuangan, 2(2), 161-166.
Ratu, E. C., & Rachmawati, T. (2022). Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Promosi Dan Volume Penjualan Terhadap Laba Bersih Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2019-2021. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 2(1).
Risnaningsih, R., Putri, S. A., & Wea, Y. E. (2023). Dampak Biaya Produksi, Harga Jual, Dan Volume Penjualan Terhadap Laba Bersih Pada Perusahaan Farmasi. Journal Of Indonesian Economic Research, 1(1), 41-48.
Rohani, C. A. (2021). Pengaruh Biaya Produksi Dan Biaya Promosi Terhadap Laba Bersih Pada CV. NJ Food Industries. Nusantara Hasana Journal, 1(4), 55-64.
Silaen, M., & Silaen, K. (2021). Pengaruh Biaya Promosi Dan Biaya Distribusi Terhadap Laba Usaha PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. Jurnal Ilmiah Simantek, 5(1), 107-113.
Siregar, A. A. R., Ginting, B. M., Febrianti, W. S., & Ningsih, H. T. K. (2023). Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Promosi Dan Volume Penjualan Terhadap Laba Bersih Perusahaan Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di BEI. Bisnis-Net Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 6(1), 16-29.
Sudjana, K., & Fatimah, N. (2022). Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Kualitas, Dan Biaya Promosi Terhadap Laba Bersih: (Studi Empiris Perusahaan Sektor Industri Dasar Dan Kimia Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2018). Jurnal Gici Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 14(2), 201-209.
Yuda, I. M. A., & Sanjaya, I. K. P. W. (2020). Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Promosi Dan Volume Penjualan Terhadap Laba Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2015-2017. Wacana Ekonomi (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Akuntansi), 19(1), 35- 42.
Yuliani, F., & Komarudin, M. F. (2023). Pengaruh Biaya Produksi Dan Biaya Operasional Terhadap Laba Bersih Dengan Volume Penjualan Sebagai Variabel Intervening. Yudishtira Journal: Indonesian Journal Of Finance And Strategy Inside, 3(1), 30-4
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.