Analisa Perhitungan Peringkat Perkembangan Anak Tk Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (Saw)

siti khotijah, Dewi Driyani, Juliana Juliana

Sari


Dalam melaksanakan proses belajar  terdapat beberapa kompetensi yang diterapkan dalam pembelajaran di TK. Kemampuan – kemampuan yang harus dicapai oleh anak selama mengikuti pendidikan di TK,serta  penilaian dilakukan untuk mengetahui ketercapaian kemampuan anak untuk masuk kejenjang pendidikan yang lebih tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengukur  perkembangan terhadap hasil dari kegiatan belajar anak, kegiatan akan dinilai dari proses dan hasil belajar, dengan membangun sistem pendukung keputusan dalam penelitian ini akan menghasilkan peringkat perkembangan anak terbaik. Metode yang digunakan adalah metode Simple Additive Weighting (SAW), dengan metode Simple Additive Weighting (SAW) akan mendapatkan bobot nilai untuk setiap kriteria, dan menghasilkan peringkat dari hasil kriteria. Kriteria tersebut terdiri dari empat kriteria yaitu berhitung, menulis dan membaca, umur, sikap, sosialisasi dan kemandirian. Dengan adanya penelitian ini, kepada anak didik yang  mengalami kesulitan  perkembangan dapat dilakukan observasi dan tindak lanjut dari sekolah serta orang tua.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.