Pengaruh Kebiasaan Berpikir Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Zahra Adhani Fazriah, Irham Ramdani, Nurma Tambunan

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebiasaan berpikir terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan teknik analisis korelasi dan regresi sederhana. Populasi terjangkau yang digunakan sebanyak 505 siswa, dengan menggunakan rumus Slovin diperoleh sampel penelitian sebanyak 224 siswa. Teknik pengambilan sampel untuk setiap kelas menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes berupa angket dan soal uraian yang sudah diuji prasyarat validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi dan regresi sederhana, diperoleh nilai Fhitung = 6,0125, sedangkan nilai Ftabel diperoleh dengan taraf signifikan 5% atau 0,05 yaitu sebesar 3,8837. Sehingga dapat dikatakan bahwa Fhitung > Ftabel, hal ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan kebiasaan berpikir terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.