Perencanaan Kurikulum Berbasis Pemahaman (UbD) dalam Pendidikan Profesi Guru: Tinjauan Literatur tentang Kompetensi Calon Guru

Abdul Karim, Indah Mayang Purnama, Yogi Wiratomo

Sari


Perencanaan kurikulum merupakan fondasi penting dalam proses pendidikan, yang menentukan arah dan tujuan pembelajaran. Artikel ini mengkaji konsep perencanaan kurikulum berbasis pemahaman (Understanding by Design/UbD) yang menitikberatkan pada pencapaian pemahaman mendalam sebagai tujuan utama pembelajaran. Pendekatan ini mengarahkan perancang kurikulum untuk memulai dari hasil akhir yang diharapkan (backward design), dengan merancang asesmen yang relevan dan menyusun aktivitas pembelajaran yang mendukung tercapainya tujuan tersebut. Dalam konteks pendidikan Indonesia, penerapan UbD menuntut perubahan paradigma dari sekadar penyampaian materi menuju pencapaian kompetensi dan pemahaman konseptual. Makalah ini juga membahas tantangan dalam implementasi UbD, seperti keterbatasan pemahaman guru, kesiapan institusi, serta kebutuhan pelatihan berkelanjutan. Dengan pendekatan yang sistematis dan kolaboratif, perencanaan kurikulum berbasis pemahaman diyakini mampu meningkatkan kualitas pendidikan dan menghasilkan pembelajaran yang bermakna bagi peserta didik

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Brown, S. A., & Melear, C. T. (2007). The Impact Of Understanding By Design On Teacher Planning. Journal Of Educational Research, 100(5), 321–330. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.3200/JOER.100.5.321-330

Darling-Hammond, L., Hyler, M., & Gardner, M. (2017). Effective Teacher Professional Development. Https://Doi.Org/10.54300/122.311

Gloria, R. Y., Sudarmin, Wiyanto, & Indriyanti, D. R. (2019). Applying Formative Assessment Through Understanding By Design (Ubd) In The Lecture Of Plant Physiology To Improve The Prospective Teacher Education Students’ Understanding. Journal Of Turkish Science Education, 16(3), 350–363. Https://Doi.Org/10.12973/Tused.10287a

Jay, J. K., & Strong, M. (2008). A Case Study Of Novice Teacher–Mentor Relationships And Concerns. Teaching And Teacher Education. Teaching And Teacher Education, 24(4), 614–625. Https://Doi.Org/10.1016/J.Tate.2007.03.005

Majid, A. (2008). Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Remaja Rosdakarya.

Manna, M. M., & Mostofa, G. (2024). Mentoring For Professional Development Of Teachers Of A Government College. International Journal For Multidisciplinary Research, 6(2). Https://Doi.Org/10.36948/Ijfmr.2024.V06i02.17974

Mctighe, J., & Thomas, R. S. (2003). Backward Design For Forward Action. In Educational Leadership (Vol. 60, Issue 5). Https://Www.Ascd.Org/El/Articles/Backward-Design-For-Forward-Action

Nisrina, R. . (2024). Pendekatan Understanding By Design Dalam Kurikulum Merdeka. Kompasiana. Https://Www.Kompasiana.Com/Bemfkipuhamka/6665b8e234777c0e5b74a792/Pendekatan-Understanding-By-Design-Dalam-Kurikulum-Merdeka?Utm_Source=Chatgpt.Com

Pertiwi, S., Sudjito, D. N., & Rondonuwu, F. S. (2019). Perancangan Pembelajaran Fisika Tentang Rangkaian Seri Dan Paralel Untuk Resistor Menggunakan Understanding By Design (Ubd). Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 2(1), 1–7. Https://Doi.Org/10.24246/Juses.V2i1p1-7

Rahmawati, A., & Astuti, S. (2023). Analisis Hasil Belajar Dari Implementasi Kerangka Understanding By Design (Ubd) Dalam Pembelajaran Di Sekolah. Jurnal Kelola: Jurnal Ilmu Sosial, 6(2), 45–49. Https://Ejournal.Goacademica.Com/Index.Php/Jk/Article/View/727

Ramli, D. P. S., & Argaswari, D. P. A. D. (2023). Praktik Mengajar Understanding By Design (Ubd) Bagi Calon Guru Pendidikan Matematika Di Universitas Sampoerna. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(3), 1492–1504. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V5i3.4865

Resa, A. (2023). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BERDASARKAN PENDEKATAN UNDERSTANDING BY DESIGN. Jurnal Primary (Kajian Ilmu Pendidikan Dasar Dan Humaniora), 4(I), 1–8. Https://Ejournal.Stkippgri-Sidoarjo.Ac.Id/Index.Php/Psd/Article/View/444/359

Reynolds, H. L., & Kearns, K. D. (2017). A Planning Tool For Incorporating Backward Design, Active Learning, And Authentic Assessment In The College Classroom. College Teaching, 65(1), 17–27. Https://Doi.Org/10.1080/87567555.2016.1222575

Sanjaya, W. (2016). Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media.

Septyani, A., & Fauziah, A. (2024). UNDERSTANDING BY DESIGN: MENGGUNAKAN SEBAGAI KURIKULUM ALUR MUNDUR UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI INDONESIA. JOURNAL Of MATHEMATICS SCIENCE And EDUCATION, 7(1), 35–46. Https://Doi.Org/10.31540/Jmse.V7i1.3371

Setiyawati, N., & Septiani, U. R. (2023). Analisis Pengembangan Rancangan Pembelajaran Dengan Pendekatan Ubd. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 4(3), 170–174. Https://Doi.Org/10.30596/Jppp.V4i3.16126

Smith, K., & Lev‐Ari, L. (2005). The Place Of The Practicum In Pre‐Service Teacher Education: The Voice Of The Students. Asia-Pacific Journal Of Teacher Education, 33(3), 289–302. Https://Doi.Org/10.1080/13598660500286333

Wiggins, G., & Mctighe, J. (2005). Understanding By Design (2nd Ed.). Https://Eric.Ed.Gov/?Id=EJ660884

Yurtseven, N., & Altun, S. (2017). Understanding By Design (Ubd) In EFL Teaching: Teachers’ Professional Development And Students’ Achievement. Educational Sciences: Theory & Practice, 17(2), 437–461. Https://Doi.Org/10.12738/Estp.2017.2.0226

{BIBLIOGRAPHY


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.