Implementasi Pembelajaran dengan Pendekatan Konstruktivisme "5E" untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa

Witri Lestari, Hawa Liberna

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas implementasi pendekatan konstruktivisme model 5E (Engage, Explore, Explain, Elaborate, Evaluate) dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Pemahaman konsep matematika merupakan fondasi penting dalam pembelajaran matematika, namun seringkali menjadi tantangan bagi siswa. Pendekatan konstruktivisme 5E menekankan pada keterlibatan aktif siswa dalam membangun pengetahuannya sendiri melalui eksplorasi dan interaksi. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-eksperimen dengan deMatematika pretest-posttest control group. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Depok. Data dikumpulkan melalui tes pemahaman konsep matematika dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok siswa yang diajar dengan pendekatan 5E mengalami peningkatan yang signifikan dalam pemahaman konsep matematika dibandingkan dengan kelompok kontrol. Temuan ini mengindikasikan bahwa pendekatan konstruktivisme 5E berpotensi efektif dalam memperbaiki kualitas pembelajaran matematika dan meningkatkan pemahaman konseptual siswa.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abrar, M., Apriliani, V., & Yunus, J. (2020). Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa smp melalui penerapan model pembelajaran auditory intellectually repetition. Statmat : Jurnal Statistika Dan Matematika, 2(2), 158-166. https://doi.org/10.32493/sm.v2i2.5648

Arifin, M. and Chotimah, S. (2021). Analisis efektifitas pembelajaran matematika secara daring siswa smp di kabupaten bekasi selama masa pandemi covid-19. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2452-2459. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.875

Azizah, N. R. and Imamuddin, M. (2022). Level kemampuan pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan soal matematika. KARIWARI SMART : Journal of Education Based on Local Wisdom, 2(2), 76-87. https://doi.org/10.53491/kariwarismart.v2i2.298

Budiman, R., Rusdi, R., & Muchlis, E. E. (2019). Penerapan model pembelajaran learning cycle 5e untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas viii smpn 15 kota bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(2), 218-227. https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.2.218-227

Gu, P. (2023). The application of the 5e instructional model in chinese basic education. Science Insights Education Frontiers, 16(1), 2445-2455. https://doi.org/10.15354/sief.23.re115

Hadi, S. and Kasum, M. U. (2015). Pemahaman konsep matematika siswa smp melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe memeriksa berpasangan (pair checks). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1). https://doi.org/10.20527/edumat.v3i1.630

Harahap, T. H. and Nasution, M. D. (2021). Upaya meningkatkan pemahaman konsep matematika menggunakan model pembelajaran connected methematics project (cmp). Journal Mathematics Education Sigma [JMES]. https://doi.org/10.30596/jmes.v2i1.6746

Imamuddin, M., Isnaniah, I., Rusdi, R., & Pedinal, P. (2019). Gender based perception on understanding mathematics concept by using pbl. HUMANISMA : Journal of Gender Studies, 3(1), 58. https://doi.org/10.30983/humanisme.v3i1.1061

Jarmita, N., Abidin, Z., & Nafizaturrahmi, N. (2019). Penerapan pendekatan realistic mathematics education untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa sd. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 11(2), 93.https://doi.org/10.32678/primary.v11i02.2298

Mawaddah, S. and Maryanti, R. (2016). Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa smp dalam pembelajaran menggunakan model penemuan terbimbing (discovery learning). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2292

Nuramalia, S. (2023). Jurnal pengaruh metode bernyanyi terhadap peningkatan hasil belajar matematika di sekolah dasar.. https://doi.org/10.31219/osf.io/ckxzq

Putra, F., Kholifah, I. Y. N., Subali, B., & Rusilowati, A. (2018). 5e-learning cycle strategy: increasing conceptual understanding and learning motivation. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 7(2), 171. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v7i2.2898

Siregar, N. F. (2021). Pemahaman konsep matematika siswa smp melalui pendekatan realistic mathematics education. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1919-1927. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.635

Yanuar, Y., Sukmawati, K. I., & Arifin, S. (2019). Penerapan model student teams achievement division terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas viii. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), 57-64. https://doi.org/10.30738/union.v7i1.3151

Zorluoğlu, S. L., Önder, E. Y., Ti̇mur, B., Timur, S., Güvenç, E., Özergun, I., … & Özdemir, M. (2022). The scope of science process skills and the 5e educational model in science education. Journal of Baltic Science Education, 21(6), 1101-1118. https://doi.org/10.33225/jbse/22.21.1101

NAĞAÇ, M. and Kalaycı, S. (2021). The effect of stem activities on students’ academic achievement and problem solving skills: matter and heat unit. E-Kafkas Eğitim Araştırmaları Dergisi, 8(3), 480-498. https://doi.org/10.30900/kafkasegt.964063


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.