Implementasi Pembelajaran dengan Pendekatan Konstruktivisme "5E" untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa
Sari
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abrar, M., Apriliani, V., & Yunus, J. (2020). Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa smp melalui penerapan model pembelajaran auditory intellectually repetition. Statmat : Jurnal Statistika Dan Matematika, 2(2), 158-166. https://doi.org/10.32493/sm.v2i2.5648
Arifin, M. and Chotimah, S. (2021). Analisis efektifitas pembelajaran matematika secara daring siswa smp di kabupaten bekasi selama masa pandemi covid-19. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2452-2459. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.875
Azizah, N. R. and Imamuddin, M. (2022). Level kemampuan pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan soal matematika. KARIWARI SMART : Journal of Education Based on Local Wisdom, 2(2), 76-87. https://doi.org/10.53491/kariwarismart.v2i2.298
Budiman, R., Rusdi, R., & Muchlis, E. E. (2019). Penerapan model pembelajaran learning cycle 5e untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas viii smpn 15 kota bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(2), 218-227. https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.2.218-227
Gu, P. (2023). The application of the 5e instructional model in chinese basic education. Science Insights Education Frontiers, 16(1), 2445-2455. https://doi.org/10.15354/sief.23.re115
Hadi, S. and Kasum, M. U. (2015). Pemahaman konsep matematika siswa smp melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe memeriksa berpasangan (pair checks). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1). https://doi.org/10.20527/edumat.v3i1.630
Harahap, T. H. and Nasution, M. D. (2021). Upaya meningkatkan pemahaman konsep matematika menggunakan model pembelajaran connected methematics project (cmp). Journal Mathematics Education Sigma [JMES]. https://doi.org/10.30596/jmes.v2i1.6746
Imamuddin, M., Isnaniah, I., Rusdi, R., & Pedinal, P. (2019). Gender based perception on understanding mathematics concept by using pbl. HUMANISMA : Journal of Gender Studies, 3(1), 58. https://doi.org/10.30983/humanisme.v3i1.1061
Jarmita, N., Abidin, Z., & Nafizaturrahmi, N. (2019). Penerapan pendekatan realistic mathematics education untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa sd. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 11(2), 93.https://doi.org/10.32678/primary.v11i02.2298
Mawaddah, S. and Maryanti, R. (2016). Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa smp dalam pembelajaran menggunakan model penemuan terbimbing (discovery learning). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2292
Nuramalia, S. (2023). Jurnal pengaruh metode bernyanyi terhadap peningkatan hasil belajar matematika di sekolah dasar.. https://doi.org/10.31219/osf.io/ckxzq
Putra, F., Kholifah, I. Y. N., Subali, B., & Rusilowati, A. (2018). 5e-learning cycle strategy: increasing conceptual understanding and learning motivation. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 7(2), 171. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v7i2.2898
Siregar, N. F. (2021). Pemahaman konsep matematika siswa smp melalui pendekatan realistic mathematics education. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1919-1927. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.635
Yanuar, Y., Sukmawati, K. I., & Arifin, S. (2019). Penerapan model student teams achievement division terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas viii. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), 57-64. https://doi.org/10.30738/union.v7i1.3151
Zorluoğlu, S. L., Önder, E. Y., Ti̇mur, B., Timur, S., Güvenç, E., Özergun, I., … & Özdemir, M. (2022). The scope of science process skills and the 5e educational model in science education. Journal of Baltic Science Education, 21(6), 1101-1118. https://doi.org/10.33225/jbse/22.21.1101
NAĞAÇ, M. and Kalaycı, S. (2021). The effect of stem activities on students’ academic achievement and problem solving skills: matter and heat unit. E-Kafkas Eğitim Araştırmaları Dergisi, 8(3), 480-498. https://doi.org/10.30900/kafkasegt.964063
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.