Dampak Pandangan Siswa terhadap Kreativitas Guru dan Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Ghina Annisa, Lin Mas Eva

Sari


Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa pada kreativitas guru dan motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini menggunakan metode survey korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket/kuesioner (kreativitas belajar dan motivasii belajar) dan soal test (kemampuan pemecahan masalah matematis). Populasi adalah siswa kelas VII SMP Islam Miftahussaadah dengan besar sampel sebanyak 66 siswa, dengan teknik sampling yang digunakan yaitu random sampling. Semua instrumen penelitian sudah dilakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji daya beda, dan uji tingkat kesukaran. Sebelum uji hipotesis dilakukan terlebih dahulu uji persyaratan data yaitu uji normalitas, uji linieritas, dan uji multikolinearitas dimana semua uji persyaratan data terpenuhi Uji Hipotesis yang dilakukan adalah uji korelasi dan uji regresi, adapun hasil uji hipotesis 1) Terdapat pengaruh persepsi siswa pada kreativitas guru dan motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dengan koefisien determinasi sebesar 53,29%. 2) Terdapat pengaruh persepsi siswa pada kreativitas guru terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. 3) Terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Budhayanti, I. P., Suarjana, I. M., & Astika, I. M. (2008). Penilaian Proses dan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Darmawan, S., Sugilar, H., & Sukardi. (2013). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Gaya Belajar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Melka, D., Umami, F., & Sujana, A. (2018). Pengaruh Persepsi Siswa Pada Kreativitas Guru Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. (Tidak dipublikasikan).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wijaya, A. M. (2017). Pengaruh Budaya Organisasi, Motivasi Kerja, dan Kemampuan Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. (Persero). Jakarta: Universitas Indonesia.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.